Daerah

Workshop Investigasi Jambi Link Sukses

4
×

Workshop Investigasi Jambi Link Sukses

Sebarkan artikel ini
Para peserta workshop investigasi dari utusan pers mahasiswa.

Jambi Link Institute sukses menggeber workshop investigasi bersama, 1-3 April 2020. Peserta dari berbagai kampus dan jurnalis muda itu antusias mengikuti pelatihan.

“alhamdulillah…semoga pelatihan ini bermanfaat dan selanjutnya dapat diterapkan dalam aktivitas keseharian,”ujar Awin Sutan Mudo, GM Jambi Link.

Program Workshop INVESTIGASI BERSAMA Jambi Link adalah kegiatan pelatihan peliputan investigasi terhadap berbagai persoalan, yang dilakukan sejumlah jurnalis dari berbagai media maupun jurnalis kampus di berbagai Universitas.

Program ini merupakan inisiatif JAMBI LINK INSTITUTE yang selama ini memiliki perhatian besar pada isu kebebasan pers dan profesionalisme jurnalistik.

Workshop Investigasi Bersama Jambi Link ini bertujuan memotivasi jurnalis dan mahasiswa untuk menghadirkan lebih banyak liputan investigatif pada sektor yang terkait kepentingan publik. Program peningkatan jurnalisme investigasi ini juga melibatkan sejumlah pemangku kepentingan dan aktivis di sejumlah sektor.

Program berlangsung selama 3 hari bertutur-turut itu dalam arahan dan mentoring jurnalis Jambi Link yang telah berpengalaman melakukan liputan investigasi. Para peserta akan melakukan proses magang dan terlibat dalam mekanisme kerja jurnalisme investigatif di Jambi Link.

Menurut Awin, pelatihan ini menggunakan metode Pendidikan Orang Dewasa (POD) dalam suasana yang gembira. Metode ini mempertemukan pengalaman peserta dengan ilmu yang hendak dipelajari. Pengajar dan mentor kami mengelaborasi pengalaman menulis dan kebutuhan setiap peserta, sehingga proses pembelajaran berjalan efektif. Secara umum ada dua tahapan yang dilalui peserta.

Pertama, pembentukan pemahaman dan pengetahuan baru. Pada fase ini pengajar akan memberikan pembekalan teori dasar menulis. Metode yang dipakai adalah elaborasi kebutuhan peserta, ceramah interaktif, berbagi pengalaman, diskusi dan praktik.

Kedua, menerapkan pemahaman dan pengetahuan baru. Pada fase ini peserta diajak praktik lapangan berupa penugasan individu atau pun kelompok. Selama mengerjakan tugasnya, peserta mendapat pendampingan intensif dari para wartawan Jambi Link selaku mentor. Pendamping akan berbagi pengalaman, memberikan masukan, dan asistensi kepada peserta. Hingga peserta mampu mencapai kompetensi yang diharapkan.

“Program Workshop Investigasi ini disiapkan secara cermat dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Secara umum ada tiga pilar kegiatan program yaitu; Peningkatan Kapasitas, Pelibatan Teknis Investigasi, dan Pengelolaan Dampak Liputan. Ketiganya diterjemahkan dalam lima tahapan kunci yang saling terkait,”ujarnya.

Program ini membidik tiga tujuan utama yaitu: meningkatkan peran media terkait kepentingan publik, mendukung kebebasan pers (press freedom) yang pada akhirnya mendorong terciptanya masyarakat yang adil, inklusif dan transparan. Untuk mewujudkannya, program ini mempersiapkan fitur yang diharapkan dapat menjadi benchmark pada program serupa lainnya.

Ada pun fitur-fitur yang dimaksud adalah Workshop Jurnalistik Investigasi intensif, Mentoring sekaligus magang bersama Desk Investigasi, Fasilitas teknis investigasi lapangan, Dukungan CSO terkait isu liputan, Terlibat dalam Rapat Redaksi Jambi Link

“Pelatihan ini disupport berbagai donatur seperti Pemprov Jambi, Pemkot, Pemkab, Kemenpora dan Pertamina Hulu Energi Jambi Merang,”ujarnya.(*)