Daerah

Seleksi CAT PPPK Tanjung Jabung Barat: Langkah Maju Menuju Peningkatan SDM Profesional

3
×

Seleksi CAT PPPK Tanjung Jabung Barat: Langkah Maju Menuju Peningkatan SDM Profesional

Sebarkan artikel ini

Tanjung Jabung Barat – Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Tanjung Jabung Barat telah memasuki tahap penting. Pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT), yang merupakan salah satu tahapan krusial dalam penerimaan calon PPPK, telah dimulai. Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat, melakukan peninjauan langsung pada pelaksanaan seleksi ini yang berlangsung di Ballroom Sutha Inn Hotel, Telanaipura, Kota Jambi, pada Sabtu, 11 November 2023.

Seleksi CAT ini dijadwalkan berlangsung dari 11 hingga 14 November 2023. Kegiatan ini merupakan bagian integral dari proses penerimaan PPPK di lingkungan pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk tahun 2023.

Bupati Anwar Sadat menekankan bahwa seleksi PPPK ini bertujuan untuk mengatasi kekurangan pegawai di beberapa bidang kritikal, terutama di sektor pendidikan, kesehatan, dan teknis. Ia berharap seleksi ini dapat berlangsung lancar, transparan, dan akuntabel, serta mampu menghasilkan pegawai yang tidak hanya kompeten dan profesional, tetapi juga berintegritas tinggi. “Karena ini terlihat langsung dari hasil jawabannya (peserta PPPK), jadi betul-betul objektif, dan tergantung dengan peserta PPPK yang punyai skill dan kemampuan, serta tidak ada intervensi dari siapapun, bahkan Bupati sekalipun,” ujar Anwar Sadat.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjung Jabung Barat juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peserta yang telah lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti seleksi kompetensi ini.

Data yang dihimpun dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanjung Jabung Barat menunjukkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti seleksi kompetensi PPPK mencapai 2.448 orang. Peserta ini terbagi dalam beberapa formasi, dengan 1.149 orang di formasi guru, 845 di tenaga kesehatan, dan 454 di tenaga teknis.

Seleksi CAT untuk PPPK di Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini merupakan langkah strategis pemerintah daerah dalam memastikan pemenuhan kebutuhan tenaga profesional di berbagai sektor penting. Proses seleksi yang objektif dan transparan ini diharapkan dapat menjadi contoh baik dalam pengelolaan sumber daya manusia di sektor pemerintahan dan membuka peluang bagi masyarakat lokal untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah mereka.(*)