Daerah

Sebanyak 114 Mahasiswa STIA-NUSA Ikuti Pelepasan Kukerta Dan Penyambutan Oleh Kepala Desa

5
×

Sebanyak 114 Mahasiswa STIA-NUSA Ikuti Pelepasan Kukerta Dan Penyambutan Oleh Kepala Desa

Sebarkan artikel ini

Kerinci – Sekolah Tinggi Ilmu Asministrasi Nusantara Sakti (STIA-NUSA) melaksanakan pembekalan kepada mahasiswa yang akan mengikuti Kukerta dua bulan kedepan. Sabtu (04/10).

Bertempat di Aula Kampus STIA-NUSA, Sebanyak 114 Mahasiswa, Kepala Desa lokasi Kukerta dan Civitas akademika STIA NUSA, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dimulai dari Empat November 2023 sampai dengan Empat Januari 2024.

Saat sambutannya Ketua Panitia, Dr. M. Dhany Alsunnah, M.Pd, memberikan arahan kepada mahasiswa dan menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut akan di laksanakan selama dua bulan
” Iya benar Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini tidak hanya terbatas pada membantu pemerintahan desa dalam hal administrasi desa Namun juga mendukung kegiatan sosial kemasayarakatan,” Ucapnya.

Lebih lanjut Ketua Panitia, Dr. M. Dhany Alsunnah, M.Pd menyebutkan adapun lokasi Kukerta kali ini dilaksanakan di Desa Sangir Tengah, Desa Koto Periang, Desa Koto Majidin di Air, Desa Pahlawan Belui, Desa Belui Tinggi, Desa Tambak Tinggi, Desa Koto Panjang dan Desa Tanjung.
” Lokasi Kukerta didesa yang memang membutuhkan pengabdian dan pemahaman untuk mahasiswa lebih bisa belajar dan beredukasi kepada masyarakat setempat, ” Tuturnya.

Terpisah pada sambutan Ketua STIA NUSA, Dr. (c) Eliyusnadi, S.Kom, M.Si, DPT menyampaikan Kukerta ini adalah kegiatan rutinitas di Perguruan Tinggi Khususnya STIA-NUSA Karena Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi.
” Benar kukerta sebagai syarat wajib dalam penyelesaian studi, Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kukerta diharapkan proaktif dalam semua kegiatan di Desa dan Kecamatan lokasi Kukerta,” Sebut Eliyusnadi.

Ditambahnya Ketua STIA NUSA, Kampusnya merupakan satu-satunya kampus di Indonesia yg memberikan 100% beasiswa bagi Masyarakat penerima PKH dan Non PKH, Ini sudah berjalan pada semester 1, semester 3 dan Semester 5 saat ini, beasiswa juga ada dari pemerintah, KIP K/ Bidikmisi dan UKT dari Pusat, Beasiswa Dumisake dari Pemprov Jambi, Beasiswa Satu Rumah Satu Sarjana dari Pemkot Sungai Penuh, dan Beasiswa Tahfiz dari Pemda Kerinci
” Iya selain dengan banyanya beasiswa yang disediakan oleh STIA- NUSA, ada juga mulai membuka Program Kuliah Jalur Rekognisi pembelajaran Lampau (RPL). Artinya bagi PNS, TNI, Polri, atau yang memiliki pekerjaan tetap bisa jadi kuliahnya hanya 2 tahun saja, karena pengabdiannya selama bekerja dihitung sebagai Satuan Kredit Semester (SKS), “Tambah Eliyusnadi Ketua STIA-NUSA.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan mahasiswa Kukerta dan disambut oleh kepala desa.

Dewi Wilonna