Politik

Politikus PKB Umar Syadat Soroti Pengamanan Polisi Bersenjata dalam Kampanye Pemilu 2024

9
×

Politikus PKB Umar Syadat Soroti Pengamanan Polisi Bersenjata dalam Kampanye Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Sejak dimulainya kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023, para calon legislatif (caleg) hingga calon presiden (capres) telah memulai kampanye dengan berbagai metode, termasuk kunjungan dari rumah ke rumah. Namun, aspek pengamanan dalam kampanye ini menjadi sorotan khusus, khususnya terkait kehadiran polisi bersenjata laras panjang yang dianggap berlebihan oleh beberapa politikus.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Umar Syadat Hasibuan, menyuarakan kekhawatirannya mengenai tingkat pengamanan yang diberikan selama kampanye. Menurut Umar, kehadiran polisi bersenjata laras panjang saat kampanye di rumah-rumah warga menjadi suatu kekhawatiran tersendiri. “Memang dikerahkan tapi apa musti pakai laras panjang itu yang jadi masalah,” ujar Umar pada Jumat, 1 Desember.

Umar, yang sedang berkampanye ke rumah warga di Kabupaten Bungo, Jambi, pada Kamis, 30 November, menyatakan bahwa meskipun tidak keberatan dengan kehadiran polisi atau aparat keamanan untuk mengawasi situasi dan memberikan pengamanan, penggunaan senjata laras panjang dianggap tidak perlu dan berlebihan. Menurutnya, kehadiran senjata tersebut membuat warga merasa takut dan enggan datang ke acara kampanye, khususnya ketika dilakukan di rumah warga.

Sampai saat ini, belum ada penjelasan resmi dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengenai alasan di balik pengamanan yang sangat ketat dalam kampanye, terutama yang melibatkan penggunaan senjata laras panjang. Sorotan yang diberikan oleh Umar Syadat Hasibuan, yang merupakan caleg PKB dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jambi nomor urut 1, mengindikasikan adanya kebutuhan untuk meninjau ulang strategi pengamanan dalam kampanye, dengan mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan warga serta peserta kampanye.(*)

Politik

Jambi – Nama Syafril Nursal, tokoh asal Kerinci-Sungai Penuh, semakin menguat sebagai calon Gubernur Jambi. Mantan Kapolda Sulteng ini, yang baru-baru ini mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Demokrat…