Daerah

Langkah Strategis Pemkot Jambi dalam Pengendalian Inflasi: Dukungan Penuh untuk UMKM

4
×

Langkah Strategis Pemkot Jambi dalam Pengendalian Inflasi: Dukungan Penuh untuk UMKM

Sebarkan artikel ini

JAMBI – Pagi yang cerah di pelataran Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jambi pada Kamis, 30 November 2023, menjadi saksi langkah konkret Pemerintah Kota Jambi dalam mengakselerasi pengendalian inflasi. Di tengah kondisi ekonomi yang fluktuatif, pemerintah setempat mengambil inisiatif strategis untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai pilar penting dalam ekosistem ekonomi lokal.

Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, hadir sebagai sosok kunci dalam acara penyerahan simbolis berbagai peralatan usaha bagi 793 pelaku UMKM di Kota Jambi. Kehadiran para anggota DPRD Kota Jambi, yang turut berkontribusi dalam menyerap aspirasi masyarakat, menandai sinergi antara pemerintah dan lembaga legislatif dalam memperkuat fondasi ekonomi lokal.

Jenis bantuan yang diserahkan variatif, mulai dari kompor gas, blender, cup sealer, mixer, oven gas, hingga etalase atau gerobak kuliner. Ini merupakan respons proaktif pemerintah terhadap kebutuhan riil UMKM, yang diharapkan mampu memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

Dalam sambutannya, Sri Purwaningsih menyatakan harapannya bahwa bantuan ini dapat membantu para penerima dalam meningkatkan produktivitas usahanya. Lebih jauh lagi, diharapkan upaya ini dapat berkontribusi dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Jambi. Sri juga menyampaikan apresiasi kepada anggota DPRD Kota Jambi atas dukungan dan aspirasi yang telah diberikan, yang menjadi kunci dalam realisasi penyerahan bantuan ini.

Mengingat posisi Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa, UMKM dianggap sebagai salah satu motor penggerak ekonomi. Meskipun dihadapkan pada tantangan ekonomi yang tidak menentu, UMKM di Kota Jambi telah menunjukkan ketahanan dan kemampuan adaptasi yang signifikan.

Sri Purwaningsih menekankan berbagai inisiatif yang telah dilakukan pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan aspek lain dari kehidupan masyarakat, termasuk pembangunan UMKM. Beliau juga mengapresiasi kinerja UMKM yang sudah terintegrasi dalam e-katalog, sebagai langkah menuju pasar yang lebih luas.

Di samping penyerahan bantuan, acara tersebut juga diwarnai dengan peninjauan langsung Sri Purwaningsih terhadap berbagai produk UMKM, di mana beliau berdialog dengan para pelaku UMKM. Inisiatif lain seperti Expo UMKM, pelatihan, dan kurasi produk merupakan upaya tambahan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas UMKM di Kota Jambi.

Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu dari sebelas langkah konkret dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Jambi. Langkah ini menunjukkan komitmen Pemkot Jambi untuk bekerja sama dengan seluruh stakeholder dalam menjalankan program pengendalian inflasi yang bersifat preventif, mendukung keberlangsungan UMKM, dan pada gilirannya, memperkuat ekonomi Kota Jambi.(*)