Daerah

Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Program Dumisake ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat

3
×

Gubernur Jambi Serahkan Bantuan Program Dumisake ke Kabupaten Tanjung Jabung Barat

Sebarkan artikel ini

Tanjung Jabung Barat – Gubernur Jambi, Al Haris, secara resmi menyerahkan berbagai bantuan dari program Dumisake kepada Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada Selasa, 28 November 2023. Acara penyerahan ini berlangsung di SMA Negeri 1 Tanjabbar dan dihadiri oleh Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat, bersama dengan kepala-kepala OPD Pemprov Jambi, OPD Pemkab Tanjabbar, serta penerima manfaat program tersebut.

Gubernur Haris, yang juga merupakan mantan Bupati Merangin selama dua periode, menyatakan kegembiraannya dapat bertemu dan berdialog dengan siswa serta masyarakat Tanjabbar. Beliau menekankan pentingnya silaturahmi dan kepeduliannya terhadap pendidikan di wilayah tersebut. “Kehadiran saya di SMA 1 Tanjab Barat merupakan wujud nyata dari rasa rindu dan komitmen saya terhadap pendidikan di Tanjabbar,” kata Gubernur Haris dalam sambutannya.

Program Dumisake, sebagai inisiatif Pemerintah Provinsi Jambi, bertujuan untuk memberikan dukungan dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan, usaha mikro kecil menengah (UMKM), pertanian, kehutanan, dan kesehatan, khususnya untuk ibu hamil. Dalam acara tersebut, Gubernur Haris merinci bantuan yang disalurkan, mencakup beasiswa untuk 576 siswa, bantuan SPP bagi 92 siswa sekolah swasta, dan dukungan untuk pertanian melalui Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), bibit sawit, dan alat pertanian.

Sektor UMKM juga mendapatkan perhatian dengan pemberian bantuan kepada 262 pelaku usaha sebesar Rp 1,4 miliar. Bidang kehutanan, khususnya pengelolaan lahan gambut, mendapat alokasi dana sebesar Rp 1,1 miliar. Di sektor kesehatan, program ditujukan untuk ibu hamil dan penanganan stunting, mencakup 100 orang sebagai penerima manfaat.

Menutup sambutannya, Gubernur Haris menyatakan, “Kabupaten Tanjabbar memiliki potensi yang luar biasa. Kepemimpinan yang berorientasi pada nilai-nilai religius serta SDM yang berkualitas di daerah ini menjadi kunci dalam pembangunan dan kemajuan Tanjabbar.”

Penyerahan bantuan program Dumisake ini diharapkan dapat membawa dampak positif dan signifikan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.(*)