Nasional

DPR RI dan Kemenag Rapat Tertutup Bahas Ongkos Haji 2023 Rp69 Juta

4
×

DPR RI dan Kemenag Rapat Tertutup Bahas Ongkos Haji 2023 Rp69 Juta

Sebarkan artikel ini

Seluruh fraksi Komisi VIII DPR RI dijadwalkan bakal menggelar forum diskusi tertutup dengan Direktorat Jenderal Haji, Kementerian Agama (Kemenag) membahas usulan kenaikan biaya haji 2023 menjadi Rp69 juta.
Anggota Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS, Bukhori Yusuf mengatakan, dalam forum group discussion (FGD) itu, pihaknya akan mendalami usulan pemerintah soal kenaikan tersebut.

“Sore ini kita akan ada pendalaman FGD dengan Dirjen Haji dan seluruh direktur yang terkait yang dalam rangka untuk membahas itu,” kata Bukhori di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Jumat (20/1).

FGD menurut dia akan dihadiri sembilan fraksi di Komisi VIII. Acara tersebut digelar di salah satu hotel di Jakarta hari ini.

Menurut Bukhori, FGD nantinya akan mencari jalan tengah dari usulan pemerintah. Hasil FGD itu yang akan dibawa dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi VIII untuk disepakati.

“Kemarin kan baru mengusulkan secara umum, kita belum mendengarkan. Kita ingin mendengarkan detail usulan mereka itu seperti apa, sehingga kita akan bisa ngambil sikap untuk itu,” katanya.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sebelumnya mengusulkan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2023 sebesar Rp98,8 juta per calon jemaah.

Dari jumlah itu, setiap jemaah nantinya akan dibebani sebesar 70 persen atau sebesar Rp69 juta. Sementara, 30 persen sisanya ditanggung oleh dana nilai manfaat sebesar Rp29,7 juta.

Jumlah biaya yang dibebankan kepada jemaah itu naik dari biaya haji 2022 sekitar Rp39 juta atau sekitar 60 persen menjadi 70 persen.(*)

Nasional

Jakarta – Harga beras premium di pasar Indonesia telah mencapai tingkat tertinggi sepanjang sejarah, dengan nilai transaksi per kilogram kini menembus angka Rp18.000. Kenaikan harga yang signifikan ini terjadi meskipun…

Nasional

JAMBI- Gubernur Jambi Al Haris, menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang dilaksanakan di Kawasan Ancol yaitu di Gedung Ecopark, DKI Jakarta, Selasa (20/02/2024). Hadirnya Gubernur Al Haris ini…