Daerah

Banjir di Kelurahan Lubuk Kambing, Tanjabbar: Puluhan Warga Mengungsi

11
×

Banjir di Kelurahan Lubuk Kambing, Tanjabbar: Puluhan Warga Mengungsi

Sebarkan artikel ini

Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kelurahan Lubuk Kambing, Kecamatan Renah Mendaluh, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) pada Minggu, 3 Desember 2023, telah menyebabkan banjir yang signifikan. Akibat peristiwa ini, puluhan warga terpaksa diungsikan dari kediaman mereka.

Menurut laporan yang diperoleh dari Metrojambi.com, kawasan yang terdampak paling parah adalah RT 01 dan RT 08 di Kelurahan Lubuk Kambing. Camat Renah Mendaluh, Suhardi, mengungkapkan bahwa total ada 54 kepala keluarga (KK) yang diungsikan, dengan 7 KK berasal dari RT 01 dan 47 KK dari RT 08.

Suhardi menyampaikan bahwa saat ini, genangan air sudah mulai surut. “Kami berharap tidak ada hujan tambahan agar kondisi bisa kembali normal,” ujar Suhardi. Optimisme ini muncul seiring dengan menurunnya intensitas hujan dan surutnya genangan air di daerah terdampak.

Banjir ini tidak hanya menggenangi pemukiman warga, tetapi juga merendam fasilitas umum dan perkebunan di sekitar. Suhardi menambahkan, “Perkebunan sawit di sekitar daerah itu juga terkena dampak banjir.”

Kejadian ini menyoroti kerentanan beberapa wilayah di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terhadap bencana banjir. Tindakan cepat dari pemerintah setempat dalam merespons bencana ini, termasuk evakuasi warga yang terdampak, menjadi langkah penting dalam mengurangi dampak lebih lanjut dari banjir.

Pemulihan pasca-banjir dan upaya pencegahan untuk masa mendatang menjadi perhatian penting bagi pemerintah setempat. Kejadian ini juga menjadi pengingat akan pentingnya infrastruktur yang baik dan sistem drainase yang efektif untuk mengurangi risiko banjir di masa depan.(*)