Ragam

7 Manfaat Daun Pepaya, Sehatkan Kulit hingga Pencernaan

5
×

7 Manfaat Daun Pepaya, Sehatkan Kulit hingga Pencernaan

Sebarkan artikel ini

Daun pepaya dikenal memiliki banyak manfaat. Daun dengan cita rasa pahit ini telah lama digunakan sebagai bahan alami pada pengobatan tradisional, terutama di Asia dan Amerika Selatan.
Kandungan senyawa aktif di dalamnya dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaat daun pepaya?

Manfaat Daun Pepaya

Daun pepaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yang dikutip dari Healthline.

Beberapa kandungan di dalamnya seperti enzim papain, antioksidan, vitamin A, vitamin C, serat dan lainnya diketahui dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan, infeksi, hingga penyakit jantung.

Berikut tujuh manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh, dirangkum dari National Library of Medicine dan sumber lainnya.

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Daun pepaya mengandung enzim papain dan karpain yang dapat membantu mengurai protein dalam makanan dan membantu pencernaan.

Selain itu, kandungan serat pada daun pepaya juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan meredakan masalah pencernaan seperti kembung, diare, dan sembelit.

Untuk mengolahnya, rebus daun pepaya dengan air hingga mendidih dan minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

2. Menurunkan kadar gula darah
Masyarakat Meksiko sering menggunakan daun pepaya sebagai bahan pengobatan terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol gula darah.

Kandungan senyawa alami seperti flavonoid pada daun pepaya dipercaya dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dan mencegah terjadinya diabetes.

3. Menjaga kesehatan kulit
Manfaat daun pepaya lainnya yakni untuk kesehatan kulit. Pasalnya, daun pepaya mengandung senyawa antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit, membantu mencegah kerutan, serta memperbaiki kerusakan sel.

Untuk mengaplikasikannya, cukup oleskan jus daun pepaya segar pada kulit Anda atau gunakan sebagai bahan masker.
Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan infeksi yang terjadi pada salah satu bagian dari sistem kemih, seperti kandung kemih, ureter, atau uretra. Infeksi saluran kemih ini biasanya disebabkan oleh bakteri, seperti Escherichia coli (E. coli).

Bagi Anda yang mengalami masalah tersebut, coba konsumsi air rebusan daun pepaya.

Di dalam daun pepaya terdapat kandungan senyawa alami seperti karpain dan enzim papain yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kedua senyawa ini dapat membantu mengatasi infeksi saluran kemih dan mengurangi peradangan pada saluran kemih.

5. Menurunkan risiko kanker
Daun pepaya mengandung senyawa antioksidan seperti karotenoid, flavonoid, dan asam klorogenat yang dapat membantu mencegah risiko kanker.

Selain itu, vitamin B-17 yang dimiliki daun pepaya digunakan untuk menyembuhkan pasien kanker dalam pengobatan kemoterapi konvensional.

Anda bisa mengkonsumsi rebusan daun pepaya atau dengan meminum air rebusannya untuk mencegah resiko kanker agar tidak terjadi.

6. Meningkatkan produksi ASI
Bagi yang mengalami masalah ASI tidak lancar, daun pepaya ini bisa menjadi salah satu solusi yang patut untuk dicoba. Sebab kandungan senyawa pada daun pepaya dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

7. Menjaga kesehatan jantung
Kandungan senyawa-senyawa alami pada daun pepaya seperti flavonoid, karotenoid, dan vitamin C, dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Kandungan-kandungan tersebut dilaporkan membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa papain yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menyerap nutrisi lebih efektif, sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung yang disebabkan oleh kelebihan berat badan atau obesitas.
Demikian manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

Namun, sebelum mengonsumsi daun pepaya untuk keperluan pengobatan, sebaiknya perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki masalah kondisi kesehatan tertentu. Semoga bermanfaat.(*)

Ragam

Dalam warnanya yang merah menyala dan rasa yang menyegarkan, buah semangka menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Dikenal sebagai sumber hidrasi alami dan kaya akan nutrisi, semangka menjadi pilihan tepat untuk…

Ragam

Latihan aerobik dan olahraga kardio biasanya jadi penunjang aktivitas fisik terbaik untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Namun, studi teranyar menemukan jenis aktivitas lain yang juga efektif untuk mencegah tekanan…