Ragam

5 Tanda Whatsapp Anda Telah Dibajak, Apa Saja?

7
×

5 Tanda Whatsapp Anda Telah Dibajak, Apa Saja?

Sebarkan artikel ini

Whatsapp masih menjadi salah satu incaran peretas untuk mendapatkan korbannya. Simak tanda-tanda Whatsapp Anda telah menjadi korban peretasan di bawah ini.
Kasus peretasan Whatsapp sendiri tak pandang bulu menimpa warga biasa atau awak media. Tahun lalu, sebanyak 27 awak Narasi menjadi korban peretasan via Whatsapp dan media sosial lainnya.

Whatsapp menjadi sasaran empuk peretas untuk mendapatkan korban lantaran digunakan banyak pihak. Tak hanya untuk berbagi pesan, Whatsapp juga merupakan saluran berbagi informasi penting yang sifatnya sensitif.

Paling tidak ada lima tanda yang harus diketahui, apakah akun Whatsapp Anda sudah diretas atau disadap. Apa lima hal tersebut?

1. Mendapatkan Kiriman OTP
One-Time Passsword (OTP) merupakan hal krusial yang biasa digunakan untuk mengakses akun. Namun jika Anda mendapati kode OTP lewat SMS atau telepon padahal sedang tidak melakukan apa-apa, jangan menyerahkan kode itu kepada siapapun.

Memberikan kode dapat membuat peretas lebih mudah menyadap akun Anda. Jika Anda secara tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi dengan sendirinya, ada kemungkinan akun Anda sedang dikloning orang lain.

2. Pesan Telah Terbaca
Sebuah pesan yang telah terbaca juga menjadi sinyal Whatsapp Anda sudah disadap. Apalagi, jika Anda memang benar-benar tidak pernah membaca pesan tersebut sebelumnya.

Pesan yang sudah terbaca ditandai dengan dua centang biru di bagian pesan. Tanda ini dapat diaktifkan di bagian pengaturan.

3. Pesan Misterius yang Dikirim
Tanda WhatsApp disadap lainnya adalah ada pesan yang terkirim ke kontak tanpa sepengetahuan Anda.

Anda patut curiga jika Anda merasa tak pernah mengirim pesan misterius tersebut. Besar kemungkinan ada orang lain yang berhasil meretas akun Anda dan mengirim pesan tersebut.

4. Status Online Meski Tak Aktif
Status online biasanya terpampang jika Anda meman sedang membuka Whatsapp. Pada akun yang telah disadap, status itu bisa muncul meski Anda tidak sedang aktif.

Jika sudah demikian, Anda bisa menonaktifkan akun Whatsapp untuk menghentikan proses penggunaan Whatsapp pada perangkat peretas.

5. Mendadak Keluar dari Akun Whatsapp
Whatsapp tak bisa digunakan pada dua ponsel bersamaan. Alhasil, jika akun Whatsapp Anda tiba-tiba keluar, Anda patut curiga akun Anda digunakan di ponsel lain.

Jika nomor yang sama didaftarkan pada perangkat lain, maka Anda akan mendapatkan peringatan pada ponsel, seperti berikut ini:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Jika Anda mendapatkan notifikasi itu dan tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, jangan tekan Oke.(*)

Ragam

Dalam warnanya yang merah menyala dan rasa yang menyegarkan, buah semangka menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Dikenal sebagai sumber hidrasi alami dan kaya akan nutrisi, semangka menjadi pilihan tepat untuk…

Ragam

Latihan aerobik dan olahraga kardio biasanya jadi penunjang aktivitas fisik terbaik untuk menjaga tekanan darah tetap sehat. Namun, studi teranyar menemukan jenis aktivitas lain yang juga efektif untuk mencegah tekanan…