by

Khatam Alquran dan Sholat Berjamaah, Cara Cek Endra Bangun Moral dan Akhlak Warga

Cek Endra menyiapkan uang insentif untuk tiap anak yang khatam Alquran. Membumikan gerakan mengaji sejak 2013.

——————–

Anak-anak belia–usia Sekolah Dasar–, itu tampak bahagia sembari menenteng Alquran di dada. Sebagian lari-lari kecil sambil bergurau. Di sudut lain, anak-anak itu khusyuk membaca Alquran, beberapa bahkan dengan suara amat nyaring.

Mereka seperti berlomba-lomba memburu pahala. Suasana pagi di Masjid Agung Al-Shulton Sarolangun itu riuh. Sementara di halaman luar, ribuan orang tua tumpek blek. Mereka lalu-lalang menyesaki area Masjid.

Hari itu, 4.000 anak bakal di wisuda. Mereka khatam Alquran melalui program yang sudah berjalan sejak beberapa tahun itu. Saban tahun, ada seribu anak yang dinyatakan lulus alias khatam.

“Program ini untuk mendekatkan dan memotivasi anak-anak agar dekat dengan Alquran,”tutur Cek Endra.

Selepas menamatkan program, mereka bakal memperoleh Ijazah khatam. Cek Endra, bahkan menyiapkan uang insentif hingga Rp 500 Ribu per anak.

“Melalui program ini, saya ingin budaya membumikan Alquran di Sarolangun terus berkumandang. Tidak hanya anak, orang tua bahkan mulai turut serta. Mendekatkan diri kepada Allah adalah cara paling ampuh untuk memperbaiki karakter dan memproteksi anak-anak dari kejahatan digital maupun ancaman narkoba,”papar Cek Endra.

Masih banyak program keagamaan yang diluncurkan semasa Cek Endra memimpin Sarolangun itu. Sejak periode lalu misalnya, tokoh dengan inisial CE itu sudah menggulirkan program sholat berjamaah lima waktu di Masjid, khususnya di kalangan pejabat Pemda.

Selain Khatamul Quran,  sejak tiga tahun ini, Cek Endra mulai mengaktifkan program subuh keliling, bergerak dari satu masjid ke masjid lain. Disela-sela itu, Cek Endra mengajak massyarakat, memakmurkan Masjid dengan menegakkan sholat jamaah di Masjid itu.

Program subling juga menjadi sarana Cek Endra berdialog dan menyerap aspirasi warga.

Dukungan masyarakat itu mengalir deras bak terjangan air bah. Aidris, warga Muaro Jambi itu misalnya, berharap Cek Endra menduplikasi program serupa ke daerah lain, termasuk di Muaro Jambi.

“Ini program mulia. Susah nyari pemimpin kayak gini,”ujarnya.

Himra Jaya, warga Kota Jambi itu juga sama. Ia salut akan konsistensi Cek Endra yang membangun akhlak umat.

“Beliau yang sibuknya bukan main masih berusaha keras jamaah di Masjid. Kita sebagai warga, tentu jadi malu. Gerakan beliau membuat kami rakyat kecil termotivasi untuk memakmurkan masjid,”katanya.

Cek Endra berjanji, akan menjadikan program-program keagamaan itu sebagai prioritas utama di semua daerah, tentu saja ketika ia dipercaya menjadi Gubernur pada laga Pilgub September 2020 ini.

“Insyaallah…mohon doa,”singkat Cek Endra.(*)

News Feed