by

Cek Endra dan Harmonisasi Keluarga Batak

Hadir sebagai tamu kehormatan Pesta Bona Taon Persadaan si Raja Nabarat, Cek Endra didoakan menjadi Gubernur.

————–

Pukul dua siang, Sabtu 8 Februari 2020. Gedung Puri Gracia Raisa Kota Baru itu tumpek blek. Keluarga besar etnis batak perantauan se Kota Jambi dan sekitarnya menyesaki ruang seukuran setengah lapangan sepak bola itu. Kian siang kian ramai.

Siang itu, Cek Endra hadir sebagai tamu kehormatan. Mengenakan setelan gelap dan berkopiah, Bupati Sarolangun itu disambut Komandan Komando Resor Militer 042/Garuda Putih, Kolonel Elphis Rudi dan Ketua Umum Si Raja Nabarat, Matius Hutabarat. Gemuruh tepuk tangan bersahutan ketika Cek Endra melangkah diantara kerumumanan warga etnis batak itu.

Sebelum duduk di bangku barisan paling depan, Cek Endra dan Danrem sempat dikalungi bunga, sebagai ucapan selamat datang. Yang tak kalah menghebohkan ketika Cek Endra dikalungi kain Ulos—kain kebanggaan masyarakat Sumatera Utara–. Ulos dikenakan langsung di atas pundak kanan Cek Endra oleh Matius Hutabarat dan istri. Ulos dibentang olang pasangan suami istri itu sebelum akhirnya melingkar di tubuh putra salah satu pendiri Provinsi Jambi ini.

“Kami bangga bapak (Cek Endra) menyempatkan hadir di sini. Ini (kain Ulos) pertanda kita menjalin hubungan erat sebagai keluarga,” kata Matius Hutabarat.

Menurut Matius Hutabarat, pemasangan Ulos merupakan tanda sudah terjalinnya silaturahmi yang erat antara keluarga Si Raja Nabarat dan Cek Endra. Matius, bahkan tak segan mendoakan Cek Endra sukses menggapai kursi Gubernur.

“Kami bisa menghangatkan bapak (dengan Ulos). Tapi Tuhanlah yang menghangatkan seluruh keluarga bapak. Semoga hubungan ini terus terjalin. Kami mendoakan supaya bapak bisa menjadi orang nomor 1 di Provinsi Jambi, ” ucap Matius Hutabarat.

Sepanjang acara, Cek Endra terus mengumbar senyum. Ia tampak bahagia. Begitupula danrem dan keluarga besar Si Raja Nabarat itu. Kehangatan itu misalnya, tampak ketika Cek Endra kompak bersama ahlul bait menari tor-tor–tarian khas Batak–. Bahkan, Cek Endra tak sungkan berduet dengan bintang tamu, Putri Silitonga. Menyanyikan lagu “Mama”, gemuruh tepuk tangan memecah keramaian aula itu.

Cek Endra menyampaikan kebahagiaannya berada di tengah-tengah keluarga Hutabarat.

Dia menyanjung acara Pesta Bona Taon Persadan Si Raja Nabarat yang hangat penuh rasa kekeluargaan.

Cek Endra berpesan agar keberagaman suku yang ada di Jambi terus membawa kedamaian.

Menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada.

“Bermacam-macam suku kita tapi kita bangga bisa hidup damai di Jambi. Saya tidak merasa lain berada di tengah keluarga kita ini. Jangan rusak silaturahmi, jaga persatuan kita,” ajak Cek Endra.(*)

Berikut Foto-fotonya :

Foto bersama
Cek Endra ketika hendak dikalungi kain songket ulos
Cek Endra menerima ulos
Warga Batak tumpek blek di aula Gracia
Warga menyesaki acara Si Raja Nabarat
Foto Bersama
Danrem dan Cek Endra menyalami warga Si Raja Nabarat

Cek Endra dan Danrem terlihat akrab
Cek Endra dan Danrem kompak menari tor-tor

 

 

News Feed