by

Syafril Nursal dan Eboni Kepedulian Sang Jenderal

Oleh :

Nuzran Joher

Pada saat ditetapkannya  Ketua PB HKKN yg juga sekaligus sebagai Ketua Umum paguyuban Uhang Jambi seantero republik (BMkJ), sebagai Kapolda Sulawesi tengah (Sulteng) salah satu yg terpikirkn oleh beliau adalah Pulau Sulawesi daerah Penghasil Kayu EBONI, disebut juga kayu hitam, karena warna hitam dibagian dlamnya.

Tepat nya pada tanggal 20 Desember 2020 Sang Jendral bersama keluarga terbang menuju pulau Sulawesi tepatnya Sulawesi Tengah (Palu) perjalanan menuju tempat tugas baru sebagai Kapolda Sulawesi. Disaat perjalanan menjelang take off dibadara Mutiara Al Jufri, terlihat keindahan dan panorama Kota Palu yg berhadapan dengan Teluk Palu diapit oleh bukit2 batu dg sumber daya alam yg luar biasa. Di saat yg sama itulah Sang Jendral ingin meliahat dari atas pesawat yg ditumpanginya  Pohon EBONI yg katanya Mahal d berkualitas tinggi. Namun,. Faktanya adalah ternyata Pohon tesebut sudah hampir punah dan terlihat juga di jalan 2 utama kota Palu sudah tidak terlihat pohon tersebut. Lalu muncul pertanyaan Sang Jendral…kemana pohon langka itu ?, Kenapa tidak ada upaya melestarikan Eboni…? yg konon kabarnya harga 1 meter eboni dalam negeri dibandro 6-7 juta dan luar negeri mencapai 30 juta permeter…woow kereen bukan..?.

Pertanyaan inilah menggelitik beliau utk menjemput bola dan mengkampayenkan Pelestarian EBONI yg bersamaan dg intruksi Kapolri gerakan POLRI PEDULI LINgKungAN.

Di setiap kesempatan Sang Jendral Syafril Nursal selalu mengkampayakn “Ayo kita tanam Eboni sebagai ikon pulau Sulawesi tepat di Sulteng Ini” terhitung sudah 7 lokasi yg beliau gerakkan dg Program Polri Peduli Lingkungan dg Fokus Menanam EBONi lebih kurang  30 ribu bibit sudah tersebar dan ditanam seantero Sulteng sampai Morowali dan Morowali Utara.

Tepat Selasa 20 Januari 2020 Sang Jendral dgn gerak cepat berinisiatif mengumpulkan Komunitas Jeep dan  offroader dan mendeklarasikan “Gerakan Cinta Eboni untuk Negeri”. Di swissbel hotel kota Palu. Ide dan gerakan  ini disambut hangat oleh peserta yg Hadir lebih kurang 100 offroader. Sang jendral mengawali memilih komunitas ini karena mempunya kemampuan daya jelajah tinggi utk menjangkau daerah perbukitan dlam menanam pohon eboni. Ide d gaagsan kreatif dlm bentuk Kepedulian inilah kita harapkan tidak saja dinegeri orang jendral…tanah kelahiran mnggu tanga dinginmu.

Wassalam

 

News Feed