by

Cek Endra dan Restu Kyai Nahdlatul Ulama

Kyai muda Nahdlatul Ulama itu menyeru kaumnya untuk memuluskan langkah Cek Endra menuju Jambi 1.

—————–

Dikenal peduli kepada kaum pondok, Bupati Sarolangun itu mendapat tempat di hati para kyai. Langkahnya berlaga di Pilgub kian mulus di bawah naungan dan dukungan ulama itu.

Seruan itu misalnya, datang langsung dari kyai muda sekaligus Pengurus Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) PBNU, KH Muhammad Nur Hayid (Gus Hayid). Gus Hayid mengajak warga Jambi, wabil khusus warga pondok dan warga NU, untuk bersiap membantu mengantarkan Cek Endra menjadi Gubernur.

Seruan itu, bahkan disampaikannya secara terbuka di hadapan ribuan jamaah dan warga santri yang tumpek blek di acara pengajian bulanan selapanan, Pondok Pesantren Nurul Iman di Muaro Sebapo, Muaro Jambi, 12 Januari 2020, lalu.

“Dia yang peduli ponpes, layak diperjuangkan,”kata Gus Hayid.

Lewat video rekaman, seusai makan siang bersama Cek Endra di rumah Umi–Pengelola Ponpes Nurul Iman–, Gus Hayid lagi-lagi menyampaikan seruannya itu. Bukan sebatas janji, Gus Hayid mendengar dan menengok langsung bagaimana Cek Endra sukses menggulirkan program keagamaan di Sarolangun.

Seperti, menggeber gerakan mengaji sebelum memulai kegiatan belajar di sekolah, mempelopori gerakan subuh keliling diinternal Pemda, hingga menggulirkan bantuan lahan 5 hektar untuk tiap pondok. Amal baktinya untuk akhirat, sungguh membuat siapa saja takjub.

“Beliau sukses menggulirkan program yang dirasakan faedahnya oleh kaum muslimin. Alhamdulillah…kita ketemu sosok yang menjadi bapak, yang memiliki pengalaman memimpin rakyatnya dengan Khusnul khotimah. Kita berdoa, semoga hajat beliau, yang sedang berikhtiar melebarkan khidmatnya memimpin rakyat se Jambi, segera diijabah oleh Allah SWT…”beber Gus Hayid.

Gus Hayid kembali mempertegas Cek Endra patut disokong. Bahkan, kyai muda NU itu siap turun ke desa-desa untuk turut mengkampanyekan Cek Endra.

“Saya siap datang ke Jambi pak…Insyallah..”ujarnya.

Selama niatnya untuk membantu kaum papa —orang-orang yang membutuhkan–, menurut Gus Hayid, langkah Cek Endra pastilah akan dimudahkan. Menurutnya, itu sudah menjadi ketetapan dan janji Allah.

“Atas izin dan ridhonya, insyallah langkah dan niat Cek Endra akan dimudahkan,”katanya.

Cek Endra bahagianya bukan main. Disokong para kyai, bukan lantas membuatnya jumawa. Ia, malah merasa mendapat tugas maha berat.

Makanya, Bupati Sarolangun dua periode ini berjanji tak akan menyia-nyiakan dukungan para kyai dan ulama itu.

“Sedari awal, niat saya untuk menjadi gubernur untuk menolong agama Allah..”tutur Cek Endra.

Ia haqqulyakin, jalan menuju tahta Gubernur itu kian mudah dibalik dukungan dan doa para ulama.

“Semoga Allah memudahkan dan meridhoi jalan kita,”kata Cek Endra.

Sederet kyai memang terang-terangan menyokong Cek Endra. Kyai tersohor asal Merangin itu misalnya, mulai bergerilya di arus bawah, mengkampanyekan Cek Endra.

Kyai Abdul Satar Saleh itu, bahkan selalu nongol ditiap giat Cek Endra.

Inayatullah, dai muda nan kondang itu bak setali tiga uang dengan Buya Satar. Tiap diundang ceramah, kyai asal Musi Rawas Utara itu selalu bercerita ihwal kepedulian Cek Endra terhadap ponpes.

Direktur CE Center Adri SH MH, optimis kandidatnya akan menjadi pemenang di Pilgub mendatang. Menurutnya, CE tak hanya didukung tim yang solid. Tapi, juga disokong para ulama, yang doanya nyaris tak berhijab dengan sang maha pencipta.

“Insyallah…kita makin optimis dan yakin akan mendapat kemenangan,”ujarnya.(*)

 

News Feed