by

Jelang Pilgub, Paul Pimpin Tim Keluarga Fachrori Ziarah ke Makam Mantan Presiden

Dari Ujung Timur Jawa, tim keluarga Fachrori Umar itu memulai ziarah ke pendiri bangsa. Dari Soekarno, Soeharto, Gusdur hingga Bj Habibie.

——————-

Dikomandoi Miftahul Ikhlas, tim keluarga Fachrori Umar itu memulai perjalanan panjang dari Jambi hingga ujung timur Jawa. Menempuh perjalanan darat, Miftahul dan koleganya berziarah ke makam para pendiri bangsa dan mantan Presiden.

Makam Ir Soekarno tokoh prokalamtor RI di Blitar itu–yang kali pertama dikunjungi–.

“Malam ini kita baru sampai di Blitar. Insyallah, besok pagi kita akan ziarah ke makam Bung Karno,”kata Miftahul Ikhlas kepada wartawan, Senin 20 Januari 2020.

Paul–begitu ia akrab disapa–, ditemani koleganya Daeng Hamdi dan Mantan anggota DPRD Kota Jambi, Jefri Bintara Pardede. Menurutnya, dari makam Bung Karno, mereka akan melanjutkan perjalanan ke makam mantan presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gusdur di Tebu Ireng, Jombang.

Dari sana, lanjut Paul, mereka akan bergerak ke Astana Giri Bangun, Jawa Tengah–tempat pemakaman mantan Presiden RI kedua, Soeharto.

“Ziarah diakhiri ke makam mantan Presiden Bj Habibie di TMP Kalibata,”kata Paul.

Menurutnya, Fachrori yang mengusung slogan keberagaman hendak menyampaikan pesan lewat ziarah itu.

Apa pesannya?

“Agar kita menjaga persatuan. Jambi kan mau Pilgub. Nah, benih-benih polarisasi mulai kelihatan. Kita tak mau ada anarkisme dan pecah belah. Mari kita belajar dari para pendiri bangsa,”ujarnya.

Soekarno, misalnya, kata Paul, sukses meletakkan pondasi bangsa diatas keberagaman. Ia menjadi pemersatu diantara banyak perbedaan suku dan agama.

“Dengan ziarah ke pendiri bangsa dan mantan presiden, kami ingin warga Jambi menyambut Pilgub dengan rukun dan bahagia, seperti para pendiri bangsa itu, yang tetap satu dalam perbedaan ketika membentuk negara”ujarnya.

Dengan ziarah ke pendiri dan tokoh bangsa itu, kata Paul, Fachrori ingin menjadikan Jambi sebagai rumah keberagaman bagi semua. Baik suku bangsa maupun semua agama.(*)

 

 

 

 

 

News Feed