by

Sudirman dan Kejutan Milad Gubernur Fachrori

Dari sederet pejabat yang menyesaki kediaman Gubernur Fachrori Umar, hanya Sudirman yang mendapat tempat spesial. Satu-satunya yang berkesempatan menyuapi sang Gubernur; kue ulang tahun.

—————

Lagu “panjang umurnya” membahana ketika Fachrori dan sang istri, Rohimah, nongol dari kamar pribadinya, Sabtu 23 November 2019, siang. Tetamu yang mayoritas para pejabat teras Pemprov Jambi itu, ikut bersenandung sembari bertepuk tangan.

Pekik “Fachrori Lanjutkan” menerobos keramaian itu. Berdiri tegak di depan tumpeng dan sederet kue ulang tahun, Fachrori beserta istri ikut menyanyi dan bertepuk tangan.

Peringatan hari jadi Fachrori ke 67 ini berlangsung amat sederhana. Tak ada kesan mewah laiknya ulang tahun para pesohor dan petinggi daerah. Puncak acara berlangsung ketika Rahimah, yang dengan amat romantis menyuapi sang suami kue ulang tahun. Siang itu, Fachrori betul-betul kelihatan bahagia.

Seusai acara suap-suapan, Rahimah dan Fachrori mendadak mencari seseorang. Sorot matanya terlihat menyapu seisi ruangan.

“Pak Sudirman mana ya….?,”tanya Rahimah Fachrori.

Dari ruang tengah, Sudirman yang mengenakan kemeja biru dengan lengan tergulung itu, bergegas merapat ke ruang depan–tempat persamuhan berlangsung–. Ia langsung berdiri tegap, persis di samping Fachrori. Rahimah lantas menyodorkan piring kecil yang berisi kue dan langsung disambar Sudirman. Mantan Sekda Tanjab Timur itu terlihat kikuk ketika dipaksa menyuapi Fachrori kue tart tersebut.

“Beliau ini dosen saya sewaktu di S2. Mestinya saya yang nyuapin beliau,”seloroh Fachrori.

“Tapi, sekarang saya Gubernur. Beliau Asisten III, jadi dakpapolah,”imbuh Fachrori disambut riuh tepuk tangan.

Sudirman lantas menggamit tangan ahlul bait dan langsung salam cipika-cipiki. Di hari nan spesial itu, ia mendoakan sang gubernur selalu diberikan kekuatan dan kesehatan.

Hanya segelintir pejabat yang merayakan hari jadi sang gubernur itu. Muhammad Dianto, Sekda Provinsi Jambi tak kelihatan batang hidungnya hingga acara usai. Begitupula sejumlah Kepala Dinas lain, juga tak kelihatan nongol hingga persamuhan berakhir, seperti Kadis PU, Kepala BKD, Kadis Perhubungan, Dirut RSUD Raden Mataher dan sebagainya.

Beberapa pejabat yang tampak hadir antaralain Kadis Pendidikan Agus Heriyanto, Staf Ahli Asraf, Kadis Perindag Hariansyah, beserta Karo Humas Johansyah.

Miftahul ikhlas, orang kepercayaan Fachrori mengatakan peringatan milad Fachrori sengaja dirancang sederhana. Itu, kata dia, atas permintaan Fachrori sendiri.

“Beliau sebenarnya mau merayakan secara sederhana, cukup dengan keluarga. Tapi, ada permintaan dari beberapa pejabat supaya dibuatkan acara kecil-kecilan,”ujarnya.

Pria yang akrab disapa Paul itu turut mendoakan Fachrori selalu diberi kesehatan agar amanah mengemban tugas sebagai gubernur.

“Kita doakan beliau bisa melanjutkan kepemimpinan hingga periode berikut,”ujarnya.

Persamuhan ditutup dengan makan bersama dengan menu ikan gurame bakar, udang goreng dan sayur pecel.

Satu-persatu keluarga dan para pejabat menyalami Fachrori beserta istri sebelum beringsut dari sana.(*)

[AWIN]

News Feed