by

PASI Kerinci Gelar Lomba Lari 10 K, Di Ikuti Ribuan Peserta.

Peserta Saat Start Lari 10 K Kerinci

KERINCI – Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kabupaten Kerinci menggelar lomba lari 10 K. Lomba yang mengambil start di jembatan Siulak, Desa Tutung Bungkuk, Kecamatan Siulak. Minggu (17/11/2019).

Hal ini dilakukan untuk mencetak para atlet handal asal Kabupaten Kerinci, yang akan bertarung di kancah Provinsi, Nasional maupun Internasional.

Dalam perlombaan lari 10 K ini yang di selenggarakan oleh PASI Kerinci inj diikuti oleh ribuan peserta dengan total hadiah mencapai Rp 23 juta. Bagi para juara nantinya akan dilakukan pembinaan oleh PASI Kerinci.

Ketua Umum PASI Kerinci, Johani Wilmen mengatakan, jumlah peserta yang ikut tercatat sebanyak 6.200 peserta. Peserta dari kerinci hampir 95 persen, selebihnya peserta dari luar.

“Alhamdulillah, lomba lari 10 K hari ini sangat antusias diikuti peserta. Jumlah yang ikut yang tercatat sampai penutupan 6.200 peserta,” bebernya.

Kedepannya sambung Wilmen atlet ini akan terus dibenah dan dilatih, dengan target Pasi pada Porprov 2020 mendatang minimal 5 medali. “Mereka ini akan dilatih dan dibina, sehingga bisa meraih juara nantinya,” tegasnya.

Ditambahkan H Ardinal yang mewakili Bupati Kerinci membuka lomba tersebut mengatakan, dalam sejarah olahraga kerinci untuk maraton hari ini yang paling ramai diikuti peserta.

“Kedepannya kita terus memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Dan pemerintah kabupaten Kerinci sesuai laporan dari KONI ada 31 Cabor, akan terus ditingkatkan pembinaannya untuk ikut bertarung di berbagai perlombaan tingkat provinsi maupun nasional, bahkan internasional, jadi acara seperti ini perlu kita galakkan,” jelasnya.

Khusus pada 2020 mendatang, sudah ada dinas khusus yang membidangi oleharaga, yakni dinas Pemuda dan olahraga. Nantinya 31 Cabor di Kerinci akan dibina lebih lagi bersamaan dengan KONI kabupaten Kerinci.

KetuabUmum KONI Kerinci, Ardizal menyampaikan terima kasih kepada PASI Kerinci dan Kadis Parbudpora Kerinci yang mewakili Bupati saat pembukaan lomba lari 10 K. Dia mengatakan, KONI tugasnya meningkatkan prestasi atlet. Kedepannya, akan terus dilakukan pembinaan atlet berprestasi.

“Kami terima kasih kepada PASI atas lomba ini. Mudah-mudahan meningkat dan lebih berprestasi lagi. Insa’allah KONI mendukung dalam hal pembinaan atlet, bekerjasama dengan Disporaparbud dan Cabor,” jelasnya.

Kedepannya 31 Cabor semua terus dibina dari tahun ke tahun. Tujuan untuk mengikuti Kejurda dan Porprov Jambi dan memberikan prestasi yang baik bagi Kerinci. “Kita adakan Porkap atlet di kecamatan nanti, juga rencana nanti ada latihan atlet keluar daerah lain dalam rangka menghadapi Porprov, ini dalam rangka pembinaan atlet,” pungkasnya.(rzi)

News Feed