by

M Iqbal Linus Komandan Baru KNPI Jambi

Melibas suara aklamasi di Musyawarah Daerah (Musda) ke-15, Iqbal Linus resmi mengomandoi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Jambi masa bakti 2019-2022.

—————-

Langkah Iqbal Linus merebut tahta KNPI 1 berjalan mulus. Didukung 10 Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten/Kota plus Organisasi Kepemudaan (OKP), Iqbal–begitu ia disapa–, melenggang mudah.

“Saya bersyukur telah dipercaya untuk memimpin organisasi para pemuda. Kedepan, saya berharap pemuda bersatu di bawah gerbong KNPI,”ujar Iqbal kepada sejumlah wartawan di Hotel Grand, Kamis malam ini.

Padahal, lazimnya, Musda KNPI kerap berlangsung panas. Beberapa Musda bahkan berlangsung ricuh. Musda ke-15 kali ini mencetak sejarah baru–berjalan hikmat tanpa kericuhan–. Itu menunjukkan kedewasaan Pemuda Jambi dan pembuktian bahwa mereka mendukung penuh Iqbal menahkodai KNPI Provinsi Jambi.

Jebolan University of British Columbia di Canada ini menegaskan, KNPI hanya satu dan solid di bawah komando pusat Noer Fajriansyah. Inilah satu-satunya, menurut Iqbal, KNPI yang berbadan hukum—lengkap dengan akta notaris dan SK KemenkumHAM–.

KNPI Noer Fajriansyah ditetapkan Kementerian Hukum dan HAM dengan nomor AHU-000037.AH.01.08.TAHUN 2019 beserta akta notaris Relawati SH Nomor 02 tanggal 16 Januari 2019.

Ketua KNPI Pusat Noer Fajriansyah bahkan turun langsung menengok prosesi Musda KNPI Jambi, yang dihelat di Hotel Grand itu. Ia turut memboyong Sekretaris Jenderal Addin Jauharudin beserta Bendahara Umum Tweedy Noviady G.

Gubernur Jambi Fachrori Umar pun ikut mendukung Musda KNPI ke-15 ini. Bang Puk–sapaan akrab Gubernur Fachrori–, bahkan memfasilitasi pembukaan Musda di rumah dinas Gubernur Jambi.

Iqbal lagi-lagi mempertegas posisi KNPI Provinsi Jambi di bawah kepemimpinannya hanya satu. Ia menyebut Muhammad Arqon bukan lagi bagian dari KNPI. Dan tak berhak mengklaim atau menggunakan atribut KNPI.

“Kepengurusan Arqon di KNPI sudah dibekukan. Ia diganti Mezi Arsento selaku caretaker,”ujar Iqbal.

Secara resmi, pembekuan Muhamad Arqon dari kepengurusan KNPI dilandasi surat dari DPP KNPI dengan nomor KEP.005/DPP KNPI/IX/2019 tertanggal 27 September 2019.

SK Kepengurusan Arqon sebenarnya di terbitkan oleh Muhamad Rifai Darus. Sedangkan Ketua Umum KNPI Noer Fajriansyah merupakan pucuk pimpinan KNPI setelah Muhamad Rifai Darus. Karena itu, kemenkumHAM menerbitkan SK KNPI untuk Noer Fajriansyah.

Muhammad Rifai Darus kini tercatat sebagai ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) di jajaran kepengurusan KNPI Noer Fajriansyah.

Sementara, Arqon di bekukan karena ia melanggar anggaran dasar dan rumah tangga KNPI. Arqon dinilai tak melakukan komunikasi baik dengan DPP KNPI pusat.

Mezi Arsento, menantu mantan gubernur Jambi HBA lantas ditunjuk oleh KNPI pusat sebagai caretaker dengan tugas utama menggelar Musda.

“Saya atas nama pribadi dan para pemuda mengucapkan terimakasih kepada bang Mezi yang telah sukses menggelar musda sehingga lahirnya ketua baru,”katanya.

Iqbal bersiap merangkul semua pemuda untuk masuk ke dalam kepengurusan KNPI.

“Ayo sama-sama kita berkarya dan membesarkan organisasi pemuda ini,”ujarnya.(*)

[AWIN]

 

News Feed