by

Lobi HKK Nasional Dibalik Tour De Singkarak

Event Tour de Singkarak disambut gegap gempita. Warga Kerinci perantauan yang terhimpun dalam Himpunan Keluarga Kerinci Nasional (HKKN) menyambut dengan pulang basamo.

—————–

Foto bersama usai usulan rute TDS lewat Kerinci-Sungai Penuh disetujui Gubernur Sumbar

Beranjangsana ke Sumatera Barat, Ketua HKKN Brigadir Jenderal Polisi Syafril Nursal itu disambut hangat Irwan Prayitno, Gubernur Sumbar, pada 23 Juni 2018 lalu. Ia memboyong koleganya di HKKN, antaralain Basyarudin Thayib (Ketua Harian), Sekjen Porseda Risman dan Ketua Bidang Pariwisata H. Alven Stony, S.IP serta Ketua Kompartemen Bidang Pengembangan Usaha dan Ekonomi Dr Zulherman.

Hadir pula Ketua HKKN Sumbar Tafyani Kasim. Syafril Nursal juga turut memboyong perwakilan pemerintah Kerinci dan Kota Sungai Penuh, yaitu Kadis Pariwisata Kota Sungai Penuh Zulwachdi, MM dan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Kabupaten Kerinci, Bambang Karyadi, SP. MSi. Sementara, Gubernur Sumbar didampingi sejumlah Kepala Dinas hingga Kepala Bidang.

Persamuhan itu berlangsung di ruang gubernur. Jenderal Polisi bintang satu ini sengaja memboyong ramai-ramai koleganya, termasuk perwakilan pemerintah Kerinci-Sungai Penuh untuk membincangkan ihwal Conecting Pariwisata Kerinci-Sumbar. Salah satu produknya, menurut Alven Stony, meminta rute Tour De Singkarak melewati Kerinci-Sungai Penuh.

“Syukurlah, perjuangan kita membuahkan hasil. Pak Gubernur Sumbar langsung setuju. Ia menyambut usulan itu dengan baik,”kata Ketua Bidang Pariwisata HKKN itu.

Dua perwakilan pemerintah daerah–Kerinci dan Sungai Penuh– itu, langsung bergegas mengirim surat usulan ke Pemerintah Pusat. Dan atas support serta lobi-lobi HKKN, usulan rute baru event yang akrab disebut TDS ini disetujui pemerintah pusat.

“Ketum dan jajaran HKKN mendukung 1000% TDS Kerinci dan Sungai Penuh. Bahkan sejak awal kita terlibat mengusulkan rute ini,”kata Alven Stony.

Alven lantas menjelaskan kenapa HKKN ngebet mengusulkan rute TDS melewati Kerinci-Sungai Penuh. Giat HKKN, kata Alven, sangat relevan dengan kegiatan bidang pariwisata– yang menjadi potensi utama Kerinci dan Kota Sungai Penuh–.

“Kita mau tanah kelahiran kita itu maju dan berkembang,”kata Alven.

Pembahasan ihwal rute TDS sudah dimulai sejak Rapat Nasional HKKN setahun sebelumnya

Perjuangan memboyong rute TDS melewati Kerinci-Sungai Penuh tak lain, menurut Alven, semata-mata dipersembahkan bagi masyarakat Kerinci. Dengan program ini, HKKN yakin ekonomi warga ikut terkerek. Daerah pun dipastikan akan bersolek.

“ Dalam mendukung TDS ini, kami tidak melihat siapa yang memimpin. Tapi yang kami lihat bagaimana masyarakat sejahtera,”katanya.

HKKN pun mendukung kerja keras pemerintah dalam menggenjot pariwisata daerah. Dengan begitu, cita-cita bertumbuhnya pariwisata Kerinci segera tergapai.

“Kegiatan semacam ini kedepan akan memberi kontribusi multiflier effect bagi masyarakat. Kita berharap Hotel hotel akan bertumbuh, destinasi wisata akan bertumbuh dan investasi wisata akan bertumbuh. Dan tentu saja semuanya itu demi masyarakat,”paparnya.

Dalam mendukung event besar ini, PB HKNN bahkan mengimbau warga Kerinci Perantauan untuk pulang basamo menyambut TDS itu.

Ketua Umum PB HKKN Birgjen Pol Syafril Nursal berharap even TDS ini akan membuka mata semua stake holder. Dengan even ini, syafril yakin akan mendorong terbukanya even-even berikut, baik berskala lokal bahkan internasional.

“Sehingga kampung kita menjadi destinasi wisata yang nyaman. Laiknya surga seperti julukan Bumi Sakti Alam Kerinci,”ujarnya.(*)

[AWIN]

News Feed