by

Bakri Gas Poll….

Memboyong Sigit Purnomo Syamsuddin Said alias Pasha Ungu–mantan artis yang kini menjabat Wakil Walikota Palu–, Bakri disambut Cik Bur di markas Partai Demokrat. Berharap diusung mercy.

————-

Seusai beranjangsana ke Tanjab Timur, Pasha Ungu mendadak nongol di markas partai Demokrat, Thehok, Kota Jambi. Penyanyi yang kesohor lewat lagu kekasih gelapku itu, mendampingi sohibnya haji Bakri mengembalikan formulir calon Gubernur Jambi ke Partai Demokrat. Mengenakan jas biru corak khas warna PAN, Pasha Ungu tiba pukul empat petang.

Bak dua sejoli yang dimabuk asmara, Pasha Ungu terus menempel Bakri dan bahkan duduk berdua ketika menyerahkan berkas pendaftaran itu. Ia pun tampak semangat ikut berjalan kaki dari bandar udara lama menuju kantor Partai besutan mantan Presiden SBY ini.

“Pak Bakri tokoh berpengalaman. Tahu persoalan Jambi. hayo kita dukung,”tutur Pasha Ungu.

Ia, kemudian menyinggung ihwal kedekatan partai matahari terbit dengan mercy. Pasha berharap Demokrat mengusung Bakri di laga Pilgub mendatang.

“PAN-Demokrat punya kesamaan platform,”katanya sembari mengumbar senyum.

Bukan hanya Pasha Ungu, sejumlah tokoh dan kader PAN turut serta mendampingi Bakri. Selain Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, hadir pula Sofia Fattah Wakil Bupati Batanghari sekaligus Ketua DPD PAN Batanghari.

Hadir pula Hafiz Fattah, calon Bupati Batanghari, Ustad Anwar Sadad Cabup Tanjab Barat dan sederet anggota DPRD asal PAN, antaralain Hasim Ayub, Fadli Sudria, dan Musahrudin.

Mendapat kesempatan berpidato, Bakri mengklaim dirinya sangat memahami masalah Jambi. Ikhtiar menuju Jambi Satu, kata Bakri, demi mengurai sengkarut masalah di bumi berjuluk Sepucuk Jambi Sembilan Lurah itu.

“Harga sawit rakyat yang rendah. Harga karet yang anjlok. Ini masalah yang mesti segera dibenahi,”kata Bakri.

Bukan semata untuk gagah-gagahan, merebut tahta gubernur bagi Bakri tak lain sebagai medium menyejahterakan rakyat. Mengenyahkan fakir miskin. Menolong kaum papa.

Mengantongi tujuh kursi di DPRD Provinsi, Bakri cuma butuh tambahan empat kursi lagi sebelum melenggang menjadi calon gubernur. Berlaga di Pilgub Jambi 2020 mendatang bukan ajang coba-coba. Tak hanya mendatangi Demokrat, Bakri bahkan telah pula berkunjung ke sejumlah partai lain, semisal PKS, PPP, NasDem dan PKB.

“Sesuai intruksi partai, kader PAN di semua jajaran akan bergerak memenangkan Haji Bakri. Termasuk kader PAN yang kini menjdi kepala daerah,”kata Kasrianto, salah satu fungsionaris DPW PAN Provinsi Jambi.

Sepanjang penjaringan calon gubernur ini dibuka, Demokrat telah kedatangan tujuh kandidat. Selain Bakri, nama lain yang berusaha meminang Mercy, seperti Walikota Sungai Penuh Asafri Jaya Bakri. Sebagai kader murni, nama pria yang kerap disapa AJB itu diklaim bakal mulus diusung Mercy.

Cik Bur, dalam berbagai kesempatan bahkan menyebut Demokrat pasti memprioritaskan kader murni. Hanya saja, AJB digadang-gadang Demokrat untuk menjadi Calon Wakil Gubernur.

Karena itu, sejumlah kandidat berduyun-duyun merapat ke Mercy demi mencuri dukungan kursi nomor satu itu. kemunculan Bakri di Demokrat, sempat memunculkan spekulasi duet Bakri-AJB.

Selain dua tokoh ternama ini, Walikota Jambi Sy Fasha juga demen dengan Demokrat. Fasha bahkan, tokoh perdana yang mengembalikan formulir pada 19 Oktober 2019, kemarin. Sang petahana Gubernur Jambi Fachrori Umar pun tak mau kalah. Ia sempat mengutus orang kepercayaannya mendaftar ke Demokrat. Pria berinisial FU itu direncanakan bakal mengembalikan formulir dan datang langsung pada 24 Oktober 2019 mendatang.

Begitupula Cek Endra. Bupati Sarolangun dua periode yang baru saja diganjar Indonesia Awards ini juga berharap diusung Mercy. CE dikabarkan bakal memboyong timnya ramai-ramai ke Demokrat pada 23 Oktober 2019 nanti.

“Ini bukti keseriusan kita,”kata Sayhrasaddin, Direktur Center Tim Pemenangan Haji Cek Endra.

Sementara politisi partai banteng, Syafrial juga dijadwalkan bakal mengembalikan formulir ke Demokrat di hari yang sama dengan FU.

Sumber : Tim Penjaringan Partai Demokrat

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi, Burhanudin Mahir alias Cik Bur menyebut nama-nama yang terjaring nanti akan diusulkan ke Dewan Pimpinan Pusat. Di sanalah, penentu dukungan final.

“Nanti akan diputuskan DPP,”katanya.

Merujuk 7 nama yang mendaftar ke Demokrat, hampir dipastikan mereka lah yang nantinya bakal berlaga pada Pilgub mendatang. Berdasarkan kuota kursi 20 persen di DPRD, Pilgub Jambi 2020 mendatang diperkirakan hanya di ramaikan oleh paling banyak 3 pasang calon.

Skema ini bisa saja berubah bila revisi UU Pilkada nomor 10 tahun 2016 meloloskan syarat cuti bagi anggota dewan. Bursa cagub diperkirakan bakal berubah lagi. HBA dan ketua-ketua Parpol boleh jadi akan turut berlaga.

Sebelum beringsut, Pasha Ungu sempat menghibur sahibul bait dan pengurus PAN lewat judul lagu “Jangan Salah Pilih”. Bakri beserta Cik Bur tampak terhibur dan bahkan ikut berdendang bersama Pasha Ungu di lapangan Partai Demokrat itu.(*)

 

[ANTO, AWIN]

News Feed