by

Peduli, ABJ Distribusikan Bantuan LTSHE

SENATOR Dewan Perwakilan Daerah (DPD) perwakilan Provinsi Jambi, Abu Bakar Jamalia (ABJ) Senin (29/7) pagi mendistribusikan bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik di lima Kabupaten.

Pelaksanaan pendistribusian sesuai dengan peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 33 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyediaan LTSHE. Bertempat di Lapangan Eks Gedung Runtuh, Jalan Petunas, Kuala Tungkal-Tanjung Jabung Barat.

Kelima Kabupaten yang menerima bantuan antara lain; Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar); 2.823 unit, Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim); 624 unit, Sarolangun; 227 unit, Merangin; 520 unit, serta Batanghari; 642 unit.

Dalam sambutannya ABJ menjelaskan program LTSHE sangat dibutuhkan masyarakat di desa. Ia menceritakan Kabupaten Tanjabbar dengan kondisi letak geografis yang sulit. Bergantung kepada pasang-surut air sebagai jalur transportasi.

“Saya ini pernah terpaksa bermalam di rumah masyarakat di desa Sungai Salak. Saat hujan lebat dengan keadaan gelap gulita karena listrik belum ada. Kami tidur hanya diterangi oleh lampu minyak tradisional. Ketika pagi, kami bangun, tanpa kami sadar lubang hidung kami sudah hitam diasapi lampu,” kata ABJ.

Atas pengalaman tersebut, ABJ merasa teriris, perlu memperjuangkan nasib masyarakat di desa. Melalui jerih payah selama dua tahun terakhir mem-follow-up program yang telah diusulkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Apapun harus saya temui mandat Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten sampai ke pusat, meminta listrik masuk ke desa-desa,” terang ABJ.

Lebih lanjut ABJ menjelaskan melalui program LTSHE harapannya akan ada banyak anak-anak desa yang bisa belajar dengan nyaman.

“Empat buah lampu LTSHE membuat mereka akan merasa di surganya Allah SWT. Anak-anak dapat mengaji, bisa membaca Al-Qur’an dan belajar banyak ilmu pada malam hari,” jelas ABJ.

Pada acara tersebut hadir pula Wakil Bupati Tanjabbar Drs H Amir Sakib. Ia menyatakan terimakasihnya kepada ABJ.

“Terimakasih Pak Haji (ABJ). Atas berkat perjuangan beliau di pusat, usulan kita selama ini dapat terealisasi sekarang,” ujarnya mengapresiasi.

Selain Amir Sakib, acara juga dihadiri oleh Gubernur Jambi, diwakili Staf Ahli Ir Hj Sri Anggunaini M.Si, Kepala dinas ESDM Provinsi Jambi Ir Harry Andria serta Camat dan Kades di lingkup Pemkab Tanjabbar.

News Feed