by

Penanggulangan Sampah Plastik di Lautan

Oleh Jeri Pradinata

BUMI kita tidak lepas yang namanya dari sampah. Sampai kapanpun sampah akan selalu tetap ada di atas bumi ini. Bahkan di laut sampah begitu banyak. Baru-baru ini penelitian menyebutkan sampah yang terbawa ke lautan mencapai 8 juta metrik ton per tahun. Sungguh benar-benar miris.

Dan kita sama-sama tahu bahwa sampah plastik itu tidak mudah terurai begitu saja. Kita butuh waktu sebentar untuk merusak namun butuh waktu seratus tahun untuk memperbaiki. Sampah akan selalu membuat lingkungan kita tercemar mulia dari darat hingga lautan. Saat ini plastik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat ternyata merupakan salah satu dalang pencemaran lingkungan.

Selain bahannya yang ringan dan harga yang terbilang murah bahkan juga mudah dibawa dan tidak membebani. Karena kelebihan yang dimiliki plastik, hampir semua makanan dan minuman dibungkus dengan menggunakan plastik. Karena terlalu banyak masyarakat yang menggunakan plastik dan tidak di sertai mendaur ulang membuat menumpuknya sampah plastik yang nantinya akan berakibat fatal bagi bumi.

Untuk itu kita harus aktif menjaga kebersihan terutama di lautan. Apabila sampah sudah terlalu banyak terdapat di lautan tentu saja akan membuat perairan tercemar akan tetapi bukan itu saja bahaya yang di hasilkannya, sampah plastik juga akan membahayakan ekosistem kehidupan yang ada di dalamnya yang akan berakibat pada hewan laut dan terumbu karang sehingga keindahan laut akan menjadi rusak. Bahkan merugikan dari sisi ekonomi karena pendapatan negara dari sektor kelautan menurun. Apabila tidak di atasi dengan bijak tentu akan mengakibatkan ancaman serius, akibat persoalan sampah yang terus bertambah dari waktu ke waktu.

Dengan demikian untuk menjaga lautan agar tidak tercemar oleh sampah-sampah plastik kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik dan tidak membuang plastik sembarangan, jika perlu kita harus mensosialisasikan kepada masyarakat bahaya yang terjadi apabila sampah plastik tercemar di lautan. Dan untuk pencegahan masuknya sampah ke laut juga bisa di tempuh melalui berbagai langkah, mulai dari pendidikan, pengolhan sampah yg efisien dan efektif hingga menjebak sampah di muara sungai, sebab masuknya sampah kelautan berasal dari sungai.

Jadi kunci keberhasilan sebenarnya terletak pada kesadaran seluruh masyarakat bahwa sampah plastik merupakan musuh umat manusia. Bahkan pemerintah harus bersinergi dengan para pemangku kepentingan seperti produsen, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, hingga masyarakat yang selama ini rentan terdempak limbah plastik.

Mulai saat ini, masyarakat harus memikirkan dampak akibat sampah yang semakin menumpuk. Salah satu dampaknya adalah membuat sungai dan laut semakin tercemar. Oleh sebab itu salah satu penanggulangan sampah plastik di laut yang efisien adalah mengurangi pembuangan sampah dari sumbernya seperti sungai karena sampah di sungai tersebut akan berakhir di laut.

“jika kamu mencintai bumi maka cintailah dia seperti kamu mencintai diri sendiri” (***)

Penulis adalah mahasiswa teknolgi hasil pertanian Universitas Jambi

News Feed