by

Kopertais Jambi Genjot Mutu STAI An-Nadwah Tungkal

Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIII Jambi terus menggenjot kualitas kampus-kampus Islam swasta di Provinsi Jambi. Gerilya ke daerah-daerah meningkatkan standar mutu akademik.

———————————–

Sekretaris Kopertais Wilayah XIII Jambi, Drs As’ad Isma, M Pd, mengatakan, pihaknya kini tengah mengawal proses akreditasi Prodi Ekonomi Syariah STAI AN-NADWAH di Kuala Tungkal.

Asad Isma yang tengah  mendampingi Tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) itu, menyebutkan akreditasi penting untuk mengukur mutu tandar akademik kampus. Utamanya dalam proses kegiatan belajar.

“Ada tujuh standar BAN PT yang mutlak dijalankan setiap kampus,”ujarnya.

Pentolan senior GP Ansor Jambi ini mengatakan Kopertais berkomitmen menjalankan tugas dan fungsi sebagai lembaga pengawasan, pengendalian dan pembinaan Perguruan Tinggi Swasta. Menurutnya, akreditasi STAI AN-NADWAH Kuala Tungkal itu merupakan bagian dari misi tersebut.

Tim BAN PT yang turun antaralain Prof M Nasir M Si dari Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan Dr. Anton Bawono. MA, dari kampus IAIN Salatiga.

“Peningkatan akrditasi ini penting dilakukan, karena untuk meningkatkan mutu kampus STAI AN-NADWAH,”kata Asad Isma.

As’ad Isma menegaskan Kopertais Wilayah XIII Jambi terus bergerilya melakukan pembinaan kampus Islam swasta agar memiliki daya saing.

Sepanjang tahun ini, pihaknya telah melakukan akreditasi terhadap 35 Prodi baru di beberapa kampus.

“ Itu sudah terakreditasi semua. Lima kampus diakreditasi institusi,” kata As’ad Isma.

Menaikkan level perguruan tinggi lewat akreditasi bukanlah pekerjaan mudah. Butuh perjuangan dan kerja keras serta keseriusan dan ketekunan.

Ia berharap, peningkatan mutu sejumlah kampus swasta ini diharapkan mengerek citra sehingga kampus swasta mampu bersaing laiknya kampus besar di berbagai kota.

“Ini yang menjadi fokus dan keseriusan Kopertais Wilayah XIII Jambi,” kata As’ad Isma.

Ketua STAI AN-NADWAH, H.Halim S.H, menyebutkan ada 4 jurusan di kampus An Nadwah Tungkal.

Itu antaralain PAI (Pendidikan Agama Islam), Hukum tata negara, Komunikasi penyiaran islam, ekonomi syariah.

Tenaga pengajar di kampus ini juga cukup untuk mengelola 1500 mahasiswa. Adanya akreditasi ini diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Semoga lulusan SMA maupun Madrasah bisa meningkatkan minatnya kuliah di STAI AN-NADWAH,”harapnya(*).

 

Penulis : Novan

Editor  : Awin

News Feed