by

Fachrori Minta Proker Dekranasda Memperkuat Kerajinan Khas

Rahima: Kita Terbuka terhadap Masukan yang Membangun

KOTA JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengemukakan bahwa program kerja Dekranasda Provinsi Jambi harus dapat memperkuat kerajinan khas dari Provinsi Jambi. Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur dalam Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Provinsi Jambi tahun 2019, di Auditorium Rumah dinas Gubernur Jambi, Rabu (19/6).

Hadir pada kesempatan ini Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Pengurus Dekranas (Pusat) diantaranya Hj.Ratu Munawwaroh, Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi, Ketua Harian Dekranasda Provinsi Jambi. Pada kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi melantik pengurus Dekranasda Provinsi Jambi sisa masa jabatan 2016-2021.

Gubernur menyampaikan bahwa kegiatan ini akan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kepentingan Dekranasda Provinsi Jambi serta dapat meningkatkan kinerja organisasi Dekranasda, sehingga kiprahnya dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi di tingkat nasional.

Fachrori menegaskan bahwa peningkatan kerajinan daerah Jambi bukan semata-mata tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jambi dan Dekranasda Provinsi Jambi, melainkan menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha, perguruan tinggi, para pengrajin serta masyarakat itu sendiri.

“Saya yakin dan percaya jika semua pemangku kepentingan memiliki visi yang sama dan bersinergi dalam memajukan kerajinan di Provinsi Jambi, maka pada masa yang akan datang Provinsi Jambi akan menjadi provinsi yang diperhitungkan di tingkat nasional. Karena pada dasarnya produk hasil kerajinan daerah memiliki manfaat ganda, pada satu sisi merupakan upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur kita, pada sisi lain hal tersebut merupakan upaya untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi kerakyatan,” ujar Fachrori.

Fachrori menjelaskan, dengan program dan pengembangan produk kerajinan Provinsi Jambi yang berpijak pada kearifan lokal akan memberikan dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja, serta akan memberikan stimulant untuk tumbuh dan berkembangnya sektor-sektor lain, seperti sektor jasa, sektor transportasi, sektor perbankan, maupun sektor pariwisata.

“Saya harap para peserta dapat mengikuti kegiatan secara seksama karena dengan partisipasi dan peran aktif dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi Dekranasda sebagai wadah pengrajin dan seni budaya lokal Jambi,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam sesi wawancara usai pembukaan Rakerda, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori menyatakan, rapat kerja daerah Dekranasda Provinsi Jambi tahun 2019 ini mengambil tema Tingkatkan Daya Saing Produk Daerah Melalui Temu Pengrajin se Provinsi Jambi.

”Saya berharap dengan pertemuan ini akan meningkatkan sinergitas kita dan kepada para pengurus yang baru dilantik saya harapkan dapat bekerja dengan maksimal, untuk meningkatkan kerajinan Jambi dan Dekranasda Provinsi Jambi akan terus melakukan upaya pembinaan dan peningkatan kualitas pengrajin, serta berharap agar pembinaan yang dilakukan bisa membuahkan hasil yang maksimal terhadap peningkatan kualitas produk, dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan para pengrajin Provinsi Jambi,” ungkap Rahima.

“Kita terus berupaya mengembangkan kerajinan Provinsi Jambi mulai provinsi hingga kabupaten dan kota. Dekranasda juga terbuka dan mengharapkan masukan-masukan yang membangun dari para pengrajin, untuk peningkatan kinerja Dekranasda dalam pengembangan kriya Provinsi Jambi,” jelas Rahima. (adv pemprov)

News Feed