by

Pesan Ratu di Acara PAN

Ratu Munawaroh mulai unjuk gigi. Kemunculannya di acara Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Jambi menguatkan spekulasi : Ratu siap menjadi Wakil Gubernur Jambi sisa waktu 2016-2021. Sementara Sum Indera diperkirakan berlaga kembali di Pilwako Jambi.

————————–

Mengenakan gamis dipadu kerudung warna gelap Ratu Munawaroh muncul di kantor DPW PAN Provinsi Jambi, Sabtu 18 Mei 2019. Ia datang seorang diri menjelang waktu berbuka tiba. Sore itu Ratu tampak anggun.

Kemunculannya tentulah mengagetkan semua pihak, terutama pengurus PAN yang hadir. Ini kali pertama Ratu muncul ke publik pasca ditinggal mendiang suaminya.

Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri dan jajaran menyambut hangat kedatangan Ratu di acara iftor tersebut.

Mendapat kesempatan berbicara, Ratu menyampaikan sejumlah pesan.

Ia memohon maaf untuk almarhum ZN selama membesarkan PAN.

“Beliau juga menyampaikan sedang memperingati seratus hari berpulangnya ibu mertua pak Zul. Itu saja,”kata Sekretaris DPW PAN Jambi, Khusaini.

Pengamat Kebijakan Publik Dr Dedek Kusnadi menilai, kemunculan Ratu di acara PAN merupakan sikap politik.

Menurutnya, langkah itu menunjukkan Ratu benar-benar serius ingin menjadi calon Wagub yang diusulkan PAN.

“Apa kepentingannya bu Ratu muncul ke Publik, apalagi di acara PAN? Saya kira bu Ratu tengah melempar sinyal kesiapannya terjun ke politik,”ujar Dedek.

Dosen Pasca sarjana UIN STS Jambi itu mengatakan bukan tipikal bu Ratu mau bicara dan tampil di muka umum. Karena itu, ia menilai sikap Ratu semakin menguatkan spekulasi selama ini.

“Sepertinya kita akan segera mendapat wagub perempuan. Apalagi pak Fachrori juga sudah melempar sinyal setuju dengan nama bu Ratu,”ujarnya.

Ratu resmi diusulkan PAN menjadi calon Wagub mendampingi Fachrori. Nama Ratu muncul setelah diusulkan langsung Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri.

Belum lama ini Ratu juga sempat menjajaki komunikasi dengan Istri Gubernur, Rahimah Fachrori. Pertemuan digelar di kantor Dekranasda Provinsi Jambi.

Mantan Staf Ahli Ratu Munawaroh, Jefri Hendrik menyatakan keseriusan Ratu kembali ke politik. Menurutnya, Ratu serius ingin menjadi Wakil Gubernur.

“Beliau mau,”ujar Jefri Hendrik di sela-sela buka bersama di Rumah Dinas Wawako Jambi, belum lama ini.

 

Duet Fachrori-Ratu

Dedek menyatakan, trah Nurdin bangkit lagi lewat Ratu Munawaroh. Menurutnya, langkah Ratu terjun ke palagan politik demi memperbaiki stigma negativ yang didera keluarga Nurdin Hamzah pasca kasus Zola.

Karena itu, Dedek menilai langkah Ratu tak berhenti sebatas menjadi Wagub. Boleh jadi, kata dia, Ratu bakal menjadi kandidat yang akan diusung PAN pada Pilgub 2020 nanti.

“Bukan satu hal yang mustahil. Apalagi jika nanti Ratu benar-benar mengisi jabatan Wagub? Saya yakin dia akan ikut berlaga di Pilgub mendatang,”katanya.

Menurut Dedek, ada beberapa skenario jalan politik Ratu. Boleh jadi, kata Dedek, Ratu akan maju Pilgub berpasangan dengan Fachrori Umar. Skenario duet Fachrori-Ratu saat ini tengah di uji coba.

“Kemunculan nama Ratu oleh PAN merupakan skenario jangka panjang. Duet Fachrori-Ratu bisa berlanjut di Pilgub,”katanya.

Skenario kedua, Ratu akan diusung PAN sebagai Calon Gubernur. Atau skenario ketiga Ratu dipersiapkan berlaga di Pilwako Jambi mendatang.

Menurut Dedek, Bakri sangat berkepentingan dengan sosok Ratu. Agar PAN tak kehilangan figur.

Sebab, setelah trah Nurdin rontok, PAN memang tak punya figur kuat. Apalagi, kata Dedek, Bakri secara personal punya hubungan dekat dengan bu Ratu dan trah Nurdin.

Kali pertama Bakri menjadi anggota DPR tahun 2009 silam, karena limpahan suara dari Ratu Munawaroh.

Selain itu, loyalis-loyalis ZN di birokrasi juga sangat berkepentingan dengan bu Ratu. Menurut Dedek, mereka berharap tetap bisa berkuasa lewat tangan bu Ratu.

Namun, Dedek menilai langkah Ratu belum tentu mulus.

Menurutnya, kemunculan Ratu dipanggung politik belum tentu didukung penuh keluarga Nurdin Hamzah. Sebab, keluarga besar Nurdin Hamzah selama ini merasa trauma akibat kasus yang menjerat Zola.

Apalagi, saat ini Sum Indera, putra Dewi Nurdin juga kembali terjun ke politik.

Sum Indera lolos sebagai anggota DPD RI mewakili Jambi. kuda-kudanya tentulah menancap kuat.

“Sum juga bisa diperhitungkan pada Pilgub mendatang,”katanya.

Kini, jalan politik trah Nurdin berada diantara Sum Indera dan Ratu Munawaroh. Akankah keduanya berhasil memperbaiki nama baik keluarga NH? Siapa yang akan terjun ke palagan politik Pilgub Jambi mendatang? Mungkinkah mereka justru akan berbagi tugas, Ratu ke Pilgub sementara Sum kembali ke Pilwako Jambi? atau sebaliknya?(*)

 

Editor : Awin

 

 

 

News Feed