by

Putri Gubernur Jawara di Kerinci

Ria Mayang Sari, Calon Legislatif Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI nomor urut 37 berjaya di Kerinci. Putri Gubernur Jambi Fachrori Umar itu berhasil mengumpulkan 30.129 suara.

——————-

Data masuk di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU atau kerap disebut “Real Count KPU” Minggu 28 April 2019 pukul 12.28, mencatat lima besar Caleg DPD RI pendulang suara di Ranoh Kincai.

Begini petanya.

Ria Mayang Sari berhasil menyodok diurutan pertama dengan perolehan 30.129 suara. Peta sebaran suara Putri Gubernur ini paling dominan berada di daerah Keliling Danau. Disini, Mayang unggul besar dengan 5.582 suara.

Keunggulan Mayang di Keliling Danau ditopang oleh keberadaan Satria Budi Darma alias Ari, caleg DPRD Kabupaten Kerinci dari Partai Nasdem. Ari merupakan orang dekat Fachrori Umar. Selain kampanye untuk diri sendiri, Ari juga terlihat menggerakkan tim untuk pemenangan Mayang.

Pada Pileg kemarin, putra Asal Koto Dian Pulau Tengah itu maju dari Dapil Lima yang meliputi daerah Keliling Danau. Selain itu, Mayang juga ditopang oleh tim yang sangat kuat.

Suara Mayang juga dominan di daerah Siulak Mukai. Disini, ia berhasil mendulang 3.718 suara.

Dominasi suara Ketua DPRD Kabupaten Bungo itu juga terlihat di Siulak. Di kampung halaman Bupati Kerinci Adi Rozal itu, Mayang berhasil memperoleh 3.244 suara.

Mayang juga terlihat dominan di Danau Kerinci dengan total mencapai 2.894 suara.

Secara umum, Mayang memperoleh suara merata di semua wilayah dengan angka di atas seribu.

Caleg DPD nomor urut 26, Azim Antoni Norega Jais menyusul diposisi kedua dan berhasil mengumpulkan 24.133 suara.

Antoni adalah satu-satunya caleg DPD yang berasal dari etnis Kerinci.

Kantong suara Antoni berada di Kecamatan Keliling Danau. Di daerah ini, Antoni memperoleh suara cukup besar, mencapai 6.183.

Suara Antoni juag signifikan di Air Hangat Timur (3.202). Kemudian Antoni juga mendapat suara dominan di Siulak dan berhasil mengumpulkan 2.774 suara.

Dominasi suara Antoni juga muncul di Danau Kerinci (2.249).

Elviana, caleg nomor urut 26 itu berada diurutan ketiga dengan perolehan 13.354 suara. Politisi perempuan ini berhasil mendulang suara besar di Kayu Aro Barat.

Di daerah ini, Elviana memperoleh 2.715 suara.

Kantong suara Elviana di Kerinci juga berada di wilayah Kayu Aro. Disini, Elviana berhasil mengumpulkan 1.552 suara. Kemudian di Danau Kerinci 1.411 suara dan Bukit Kerman 1.368 suara.

Diurutan keempat menyusul Syukur yang mengantongi 8.041 suara. Mirip seperti elviana, Peta suara Syukur di dominanasi di daerah Kayu Aro 1.454 dan Kayu Aro Barat 1.421.

Terakhir, caleg petahana Daryati Uteng juga berhasil mencuri suara di Kerinci dengan jumlah mencapai 3.825 suara.

Suara Uteng terlihat dominan hanya di Kecamatan Air Hangat Timur. Disini, Uteng berhasil mengumpulkan 1.012 suara.

Anggota KPU Kabupaten Kerinci Saril mengatakan data di Situng KPU tersebut belum 100 persen masuk. Menurutnya, masih ada data di beberapa Kecamatan yang belum update.

“Tiga kecamatan belum masuk, yaitu Depati Tujuh, Batang Merangin dan Sitinjau Laut,”ujarnya.

Saril berharap caleg dan Timses bersabar menunggu pleno resmi KPU. Ia menegaskan, Situng bukan merupakan hasil resmi yang akan ditetapkan KPU.

Menurutnya Situng hanya rujukan bagi publik untuk memantau proses rekapitukasi suara. “Informasi yang disediakan KPU melalui situng adalah informasi untuk mempercepat penyampaian hasil pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara kepada masyarakat, dengan begini penyampaian informasi yang cepat,” katanya.

Situng juga berfungsi sebagai alat kontrol masyarakat atas proses rekapitulasi suara. Masyarakat bisa melapor ke KPU jika menemukan kesalahan entry data scan C1 ke Situng.(*)

 

 

News Feed