by

Bos Baru PMII

Hanif Hermanto terpilih sebagai Ketua PMII Cabang Kota Jambi lewat Konfercab PMII Minggu 17 Maret 2019 lalu. Putra asli Kerinci itu berhasil menyingkirkan rivalnya Andy dengan selisih suara cukup tipis.

————-

Sempat tertunda tujuh bulan, Konferensi cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (Konfercab PMII) baru terlaksana Minggu dan Senin pekan lalu. Agenda tahunan pemilihan pucuk pimpinan organisasi mahasiswa sayap NU itu berjalan sengit.

Selain adu visi dan gagasan, kandidat harus mampu meyakinkan peserta. Ada 25 suara penuh dan 25 suara peninjau yang diperebutkan. Mulanya ada empat kandidat yang ikut bersaing. Belakangan, dua orang menyatakan mundur.

Konfercab akhirnya harus memilih dua kader terbaiknya, Hanif Hermanto dan Andy. Adik kandung Arief Hermanto, mantan Ketua Cabang PMII itu akhirnya unggul dengan selisih suara cukup tipis.

“Ini adalah ajang pembelajaran, karena disini diuji strategi dan jiwa kepemimpinan,”ujar Hanif Hermanto.

Menurutnya, rivalitas dalam proses konfercab itu biasa. Setelah terpilih, semua kader kembali bersatu. Ia mengatakan dinamika dalam konfercab merupakan proses belajar dan pendewasaan dalam politik. Ia mengimbau semua kader mampu memetik hikmah dalam berorganisasi.

“Sahabat-sahabat pergerakanku semuanya, diharapkan kepada kita semua untuk mengambil hikmah dari proses konfercab ini, yang paling utama dari semua itu adalah Persatuan yang kuat,”katanya.

Hanif berjanji akan merajut kembali perbedaan. Ia mendorong semua kader membuang jauh-jauh ambisi pribadi.

“Persatuan adalah langkah kita untuk menjayakan PMII kedepannya, karena semua dinamika ini telah diatur oleh Sang Khalik,”katanya.

Konfercab merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sebagai media penggantian kepemimpinan. Konfercab perlu dilakukan untuk mewujudkan kemajuan dalam kaderisasi.

Hanif mengakui Konfercab kental nuansa politik. Tidak sedikit Konfercab berujung konflik. Namun, Hanif memandang itu bagian dari dinamika.

“Tetap mengedepankan semangat persatuan dan nilai-nilai Pergerakan. Disinilah kedewasaan diuji dan kebijaksanaan dipupuk. Hal ini juga terjadi pada Konfercab Jambi,”jelasnya.

Konfercab lanjutan itu sempat  mencuri perhatian PMII Cabang Se-Provinsi Jambi. Sebab penundaan terjadi cukup lama, sekitar 7 bulan. Setelah melalui proses panjang dan penyelesaian persoalan yang pelik, akhirnya konfercab Jambi terlaksana dengan baik.

Selamat sahabat Hanif, sukses selalu!(*)

News Feed