by

Peran Kepolisian Bagi Masyarakat dalam Menciptakan Keamanan Ketertiban Nasional

KOTA JAMBI – Rabu (13/2) pagi, pewakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga besar mahasiswa Universitas Jambi melakukan kunjungan ke Polresta Jambi. Kunjungan disambut baik oleh Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Jambi yang baru yaitu Kombes Pol Dover Christian.

Selama kunjungan Kombes Pol Dover Christian mengutarakan harapannya terhadap mahasiswa yang juga merupakan stake holder, juga sebagai penyambung lidah kepada masyarakat, terkait bagaimana peran polisi itu sebenarnya dan bagaimana tingkat kesadaran dalam masayarakat terkait suatu aturan dan prosedur.

“langsung saja saya berbicara terkait harapan saya terhadap mahasiswa agar bisa ikut membantu peran kepolisian dalam mewujudkan kamtibnas dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarkat. Kemudian agar image buruk di kepolisian yang berkembang dalam masyarakat tidak melekat” ujar Kombes Pol Dover Christian

Selain itu, Kombes Pol Dover Christian juga mengatakan agar meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga barang berharga yang mereka miliki polisi tidak melarang agar orang menunjukkan kekayaannya tetapi hal ini malah dapat memancing terjadi nya pencurian dan tindakan criminal lainnya.

Dari hasil data terkait kasus-kasus pencurian atau laporan kehilangan polisi menilai bahwa korban disini juga turut serta membantu terjadi nya hal-hal tersebut, ini lah yang disebut viktimologi. Terkadang kelalaian seseorang itu mengundang agar seseorang untuk berbuat. Kejahatan seperti ini timbul karena memang sebenarnya ada ketimpangan dimasyarakat antara ekonominya yang memang mampu dan yang ekonomi nya rendah.

Mahasiswa sempat menanyakan, apakah ada strategi khusus yang memang dilakukan oleh Kepolisian terkait peran dari kepolisian. Kombes pol juga bercerita bahwa strateginya adalah menjadi polisi yang pintar dan mengetahui tupoksi nya untuk menertibkan masyarakat yang terus bergerak ini semakin sulit, perbandingan nya adalah satu polisi menertibkan kurang lebih 700 orang.

Hal tersebut yang membuat Bapak Kombes Pol Dover Christian ingin mengikutsertakan semua elemen-elemen masyarakat untuk saling bekerja sama. Kemudian polisi juga sekarang lebih banyak turun kemasyarakat untuk bercerita dengan masyarakat baik kalangan milinial maupun kalangan lama.

Kegiatan polisi lainnya seperti kunjungan ke sekolah-sekolah, pasar dan warung kopi serta tempat-tempat yang memang bisa dikunjungi. Kebetulan dalam waktu dekat ini kepolisian ada kegiatan festifal yang memang diakan serentak di seluruh Indonesia.

Kemudian timbul pertanyaan bagaimana dengan pandangan kepolisian terhadap phak-pihak yang ingin menyuarakan pendapat. Kepolisian mendukung pihak-pihak yang ingin menyuarakan pendapat di muka umum. Sebenarnya unjuk rasa seperti itu difasilitasi oleh kepolisian apalagi mahasiswa yang memang berperan sebagai agen of control. Kepolisian merupakan pihak yang menengahi antara pihak yang sebagi target dan pihak yang unjuk rasa. Tetapi terkadang yang terlihat dari luar adalah kepolisian seolah menghalang-halangi untuk mengemukakan pendapat.

Kemudian yang memang lagi hangat-hangatnya dibahas dikalangan masyarakat baik tua-muda adalah terkait pemilu. Disini polisi membantu pihak KPU agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya. Dalam pemilu 2019 kali ini kepolisian ingin mewujudkan pemilu yang aman dan adil. (*)

News Feed