by

Tol Layang Jakarta-Cikampek Buka 3 Bulan Lagi

JAKARTA – Pembangunan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Layang atau Elevated terus dikebut. Tol ini ditargetkan beroperasi secara fungsional pada akhir Mei sehingga bisa mendukung arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Direktur Pengembangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adrian Priyohutomo menerangkan, progres pembangunan tol ini telah mencapai 66 persen.

“Jadi Japek elevated progresnya hingga 8 Februari 66 persen untuk kontruksi, karena tanahnya sudah ada,” katanya di Kantor Pusat Jasa Marga Jakarta, Senin (11/2/2019).

Dia menerangkan, memang yang menjadi tantangan dalam pembangunan tol ini lantaran berada di tol eksisting. Bukan hanya, tol ini juga bersinggung dengan beberapa proyek lain seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan light rail transit (LRT) Jabodebek.

Meski begitu, dia menuturkan akan tetap mengupayakan tol ini bisa digunakan sesuai target, dengan melakukan sinkronisasi pekerjaan proyek-proyek lain.

“Kita upayakan fungsional di akhir Mei,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, fungsional tol untuk elevated berbeda dengan tol yang sejajar dengan tanah atau at grade. Dia bilang, untuk fungsional pembangunan Tol Japek Elevated mesti mencapai 90 persen.

“Fungsional elevated dengan fungsional at grade itu beda, kalau at gradedengan progres 70 persen sudah bisa difungsional. Tapi kalau Japek elevated tidak bisa, fungsional itu di atas 90 persen progresnya sudah hampir selesai. Ini menjadi tantangan, kita upayakan akhir Mei bisa selesai dan digunakan untuk arus mudik dan balik Lebaran di awal Juni,” terangnya. (*)

News Feed