by

Masyarakat Sukarela Sampaikan Dukungan, Agar SAH Terpilih

DALAM politik, elektabilitas berbanding lurus dengan kinerja, hipotesis ini berlaku ketika seseorang calon legislatif petahana mampu mempersembahkan kinerja yang baik bagi masyarakat dan daerah pemilihannya.

Kondisi ini juga yang sedang dialami Sutan Adil Hendra (SAH), sebagai Pimpinan DPR RI Anggota Fraksi Partai Gerindra tersebut dikenal sukses memperjuangkan beasiswa pendidikan bagi masyarakat Provinsi Jambi, baik itu beasiswa PIP untuk pelajar SD, SMP, SMA dan SMK, Bidikmisi dan PPA untuk mahasiswa.

Prestasi ini ternyata membawa efek elektoral bagi SAH, setidaknya hal ini terlihat dari banyaknya inisiatif masyarakat yang menyatakan dukungan terhadap pria yang beristri wanita asal Siulak Kerinci tersebut.

Realita setidaknya terlihat ketika SAH melakukan kunjungan kerja seminggu lebih pada kabupaten paling barat Provinsi Jambi tersebut. Bahkan Aminuddin salah seorang tokoh masyarakat di sana secara spontan mengharapkan Ketua DPD Partai Gerindra tersebut terus terpilih sebagai Anggota DPR RI mewakili Provinsi Jambi.

“Terus terang saya melihat SAH telah berbuat banyak bagi Provinsi Jambi, ribuan Beasiswa PIP, Bidikmisi hingga PPA dinikmati pelajar dan mahasiswa di Jambi, inikan bukti kerja beliau nyata manfaatnya bagi masyarakat.”

Terkait adanya kritikan bahwa beasiswa itu program pemerintah, pria yang seorang pensiunan guru tersebut mengatakan mekanisme pemerintahan memang seperti itu adanya, ada DPR yang menganggarkan, ada yang eksekutif melaksanakan, dan DPR pula yang mengawasi, tetapi bagi kami substansinya beasiswa ini hasil usulan dan perjuangan SAH di Senayan, karena selama ini belum pernah Kerinci mendapatkan beasiswa sebanyak ini, dan sejak ada SAH Kerinci dan Sungai Penuh bisa mendapatkan ini.

Gerakan spontanitas masyarakat untuk menggalang dukungan kepada SAH ini dinilai Pengamat Politik Muda Kerinci Anggi sebagai sebuah fenomena luar biasa dalam politik, dimana masyarakat semakin cerdas dalam menilai kinerja seorang wakil rakyat.

“Masyarakat semakin cerdas dalam menilai kinerja seorang wakil rakyat, jangan jelang pemilu baru merasa paling berbuat untuk masyarakat, setelah terpilih tidak ada manfaatnya bagi masyarakat, dalam konteks ini SAH berhasil untuk berjuang berbuat sesuatu untuk masyarakat Jambi,” tandasnya. (*)

News Feed