by

Ribuan Batang Ganja Ditemukan

KERINCI – Anggota Satres dan Intelkam Polres Kerinci berhasil menemukan ribuan batang pohon ganja, dengan luas lahan mencapai 2 hektare di dalam wilayah hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di Kecamatan Air Hangat.

Ganja yang ditemukan yang terletak ditengah hutan belantara, membutuhkan perjalanan sekitar 15 jam dengan masuk dari wilayah desa Pendung Mudik semurup, Kecamatan Air Hangat.

Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto SH SIk, pada Pres Release di Mapolres mengatakan, bahwa pengungkapan ladang ganja yang ditemukan 2 hektare tersebut merupakan tindak lanjut informasi dari masyarakat. Selasa (22/01/2019).

“Setelah mendapat informasinya, kita membentuk tim yang dipimpin Kanit Pidum Ipda Rachmat Hidayat, langsung menuju lokasi dari hari Minggu (20/01), saat sampai di lokasi ditemukan tanaman ganja di 10 titik,” jelasnya.

Dari hasil tersebut, ditemukan Ribuan pohon yang terdiri Tiga jenis, yakni pohon Ganja siap panen ada 10 titik yang tinggi 1,5 meter, kemudian tanaman ganja yang telah ditenam umur sekitar 1 bulan sekitar 1 hektare diperkirakan sekitar 1000 batang.

“Kita juga menemukan bibit ganja di TKP sekitar 500 batang, ini hanya sebagian kecil jadi barang bukti yang dibawa anggota kita,” ujarnya.

Namun, saat petugas sampai dilokasi tidak ditemukan pelaku pemilih ladang ganja tersebut. Kemungkinan kegiatan operasi gabungan tersebut sudah bocor.

“Sepertinya sudah bocor, karena saat sampai di TKP hanya ditemukan yang sudah dipanen oleh pelaku, yang jelas saat ini masih sedang lidik pelakunya,” tegasnya.

Menurutnya hutan TNKS sering dimanfaatkan pelaku untuk lokasi penanaman pohon ganja karena selain sulit dijangkau juga tanaman tersebut juga subur di Kabupaten Kerinci. (*)

News Feed