by

Netflix Dituntut Rp 351 M karena ‘Bandersnatch’

JAKARTA – Tuntutan bernilai jutaan dollar tengah ditujukan pada Netflix baru-baru ini. Sebuah publisis buku menuntut layanan penyedia serial dan film streaming ini lewat cerita ‘Bandersnatch’ yang dirilis Netflix beberapa waktu lalu.

Dilansir Detik, Publisis bernama Chooseco mengklaim Netflix sengaja mengambil keuntungan lewat cerita tentang pembuat game yang dalam episode tersebut menggunakan tagline ‘Choose Your Own Adventure’. Tagline tersebut dikatakan Chooseco merupakan serial buku yang mereka terbitkan.

Tuntutan tersebut dikatakan publisis Chooseco bahwa Netflix mencoba untuk membuat episode ‘Bandersnatch’ yang dikembangkan dari buku sementara layanan streaming ini tak memiliki lisensi satupun dari buku tersebut.

Chooseco telah melayangkan gugatan 11 Januari lalu di pengadilan Vermont. Publisis ini melayangkan tuntutan kepada Netflix hingga USD$ 25 juta atau setara Rp 351 miliar.

‘Bandersnatch’ sendiri menjadi salah satu produksi Netflix yang mencuri perhatian akhir 2018 lalu. Film lepas dari serial ‘Black Mirror’ ini merupakan film interaktif yang melibatkan siapapun yang menyaksikannya untuk menentukan kelanjutan cerita sang pemeran di film sesuai keinginan penonton. (*)

News Feed