by

Bos Bank Dunia Ditelepon Luhut Soal Resign

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menanyakan langsung kepada Jim Yong Kim yang mundur dari posisi Presiden Bank Dunia (The World Bank).

Apa alasan Kim?

“Tadi saya telepon dengan Presiden World Bank yang resign saya tanya kenapa anda resign?” kata Luhut di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

“Saya mau resign karena dengan partner mau buat satu infrastructure fund untuk emerging market,” ungkap Luhut lebih jauh menirukan jawaban Kim.

Menurut Luhut, pembiayaan infrastruktur yang akan dibuat oleh Kim setelah resign tersebut nantinya juga siap membantu Indonesia.

“Indonesia salah satu tempat yang baik untuk infrastruktur. (Menirukan Kim) Kami siapkan 1 triliun dolar. Dengan bunga yang lebih bagus,” papar Luhut.

Seperti diketahui, Bank Dunia (World Bank) pada hari Senin (7/1/2019) mengatakan bahwa presidennya, Jim Yong Kim, akan mengundurkan diri dari jabatannya pada bulan Februari untuk bergabung dengan perusahaan investasi infrastruktur swasta. Pengunduran dirinya yang terjadi hampir tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir itu merupakan sesuatu yang tidak terduga.

Pengunduran diri mendadak yang akan efektif pada 1 Februari itu dapat memicu bentrokan antara pemerintah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemerintah lain atas masa depan Bank Dunia. (*)

News Feed