by

Jonatan Tumbangkan Unggulan Pertama

Jakarta – Jonatan Christie meraih hasil positif di babak kedua pertandingan nomor tunggal putra bulutangkis Asian Games 2018. Ia menyingkirkan unggulan teratas, Shi Yuqi.

Dalam pertandingan di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (24/8/2018), Jonatan harus melewati pertarungan sepanjang tiga gim melawan Shi Yuqi. Setelah berjuang selama satu jam 12 menit, Jonatan yang tak diunggulkan akhirnya menang 21-19, 19-21, 21-17.

Menang susah payah lewat laga berdurasi panjang, Jonatan mengaku sudah belajar dari kekalahan melawan Chen Long di final beregu putra lalu. Pada laga tersebut, Jonatan harus bertarung selama 94 menit melawan mantan pebulutangkis nomor satu dunia itu.

“Ya, selain pengalaman pertandingan melawan Chen Long kemarin, saya juga sudah dipersiapkan jelang Asian Games ini untuk bermain dengan durasi panjang. Latihannya sudah diatas 85 menit, benar-benar siap main capek. Apalagi yang tegang harusnya justru dari pihak lawan,” kata Jonatan kepada badmintonindonesia.org.

Lolos ke babak ketiga, Jonatan akan menghadapi Khosit Phetpradab. Secara head-to-head, Jonatan unggul 3-1 atas pebulutangkis Thailand itu.

“Nggak bisa dibilang ringan, unggulan itu cuma nomor. Semua pemain sama bagusnya, nggak bisa dibilang saya menang dari Shi, saya punya peluang lebih besar,” ucap Jonatan yang tetap mewaspadai Khosit.

“Bagaimana caranya fokus, sekarang saya bisa fokus, kalau besok saya kehilangan kontrol? Atau besok lawan juga kehilangan kontrol? Jadi bagaimana kita mengatur pikiran di saat pertandingan.”

Selain Jonatan, Anthony Sinisuka Ginting juga melaju ke babak 16 besar setelah menang mudah atas Mehran Shahbazi dengan skor 21-9, 21-8. Berikutnya, Anthony ditunggu tantangan berat dari unggulan kedua, Kento Momota.

Dari nomor ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melaju ke perempatfinal setelah menang 22-20, 21-17 atas Seo Seung Jae/Chae Yoo Jung. Tontowi/Liliyana berikutnya akan menghadapi Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah.
Namun Indonesia kehilangan salah satu wakil dari nomor ini. Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto dikalahkan Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dengan skor 22-20, 18-21, 13-21.

Di nomor ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu lolos ke perempatfinal usai menyingkirkan Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong 21-12, 21-9. Greysia/Apriyani kemudian akan melawan Tang Jinhua/Zheng Yu.

Sementara itu, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta tak mampu membendung unggulan pertama, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Mereka kalah 13-21, 17-21. (*)

 

Sumber: Detik

News Feed