by

Unja Modernisasi Sistem Perpustakaan

Jambi – Universitas Jambi (Unja) tahun ini tengah melangsungkan kegiatan memodernisasi sistem layanan perpustakaan sebagai upaya mewujudkan mimpi perguruan tinggi tersebut menjadi akreditasi A atau unggul.

“Saat ini sedang berlangsung modernisasi perpustakaan, mudah-mudahan kegiatan modernisasi tersebut berjalan dengan baik demi terwujudnya perpusatkaan yang ideal bagi segenap civitas Universitas Jambi,” kata Rektor Unja Prof Johni Najwan SH MH Phd dikutip melalui buku sambutan wisuda ke-82, Senin (6/8/2018).

Modernisasi ini dilakukan terhadap perpustakaan pusat dan 28 pustaka unit kerja yang bertujuan untuk mewujudkan perpustakaan yang representatif bagi civitas akademika di Universitas Jambi.

Perpustakaan kata Rektor, diibaratkan sebagai jantungnya universitas karena perpustakaan merupakan pusat sebagai sumber belajar dan perpustakaan yang baik akan menjadi tumpuan referensi akademis sehingga dapat berpengaruh secara positif terhadap kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam modernisasi layanan perpustakaan di perguruan tinggi itu terdapat dua hal yang disasar, yakni pustakan sebagai suatu sistem dan pusataka suatu komunitas belajar atau ‘learning community’.

Pustaka sebagai susatu sistem berarti membenahi entitas utama perpusatakaan yang meliputi sistem informasi, fasilitas dan layanan, katanya menjelaskan.

Saat ini katanya, Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Jambi telah selesai mengembangkan sebuah sistem informasi perpusatakaan modern yang dapat mengkoneksikan pusataka pusat dengan seluruh pusataka/ruang baca yang ada di perguruan tinggi tersebut.

Sehingga dengan sistem tersebut mahasiswa dan dosen mudah mencari literatur dan dapat mengakses semua buku, baik yang ada di pustaka pusat dan unit kerja.

Sedangkan untuk kegiatan peminjaman buku literatur, mahasiswa dapat menggunakan kartu mahasiswa yang telah dilengkapi dengan chip yang datanya terintegrasi ke basis data Universitas Jambi, katanya menambahkan. (*)

News Feed