by

Kerinci Berhijrah Gelar Gerakan Solidaritas untuk Korban Bentrok Pentagen-Seleman

Oleh: Firdaus Juanda

Kerinci – Salah satu komunitas hijrah kepemudaan di Kerinci yaitu Kerinci Berhijrah atau yang disimbolkan dengan “REAL” turun ke jalan untuk menggelar gerakan solidaritas demi membantu korban bentrok yang terjadi di desa Pendung Talang Genting (Pentagen) Senin (30/7). Gerakan ini diselenggarakan selama 2 hari.

Hari pertama (1/8) dimulai dengan penggalangan dana dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB di beberapa titik di Kota Sungah Penuh. Hasil yang diperoleh dari penggalangan dana tersebut yaitu sebanyak Rp.1.395.000,-. Uang tersebut akan digunakan untuk pembelian sembako, bantuan kemanusiaan, dan bantuan kesehatan untuk korban yang sedang di rawat di Rumah Sakit. Sedangkan hari kedua (2/8) dilaksanakan penggalangan donasi dalam bentuk pakaian yang bertitik di pinggiran Lapangan Merdeka Kota Sungai Penuh dan dilanjutkan pengantaran semua donasi yang diperoleh selama dua hari kepada korban di desa Pentagen.

“Sebanyak 12 kardus sembako, 6 kardus donasi pakaian, Rp. 500.000,- bantuan kemanusiaan dan Rp. 300.000,- bantuan kesehatan telah kami antarkan kepada korban bentrok hari ini,” kata Fiola, Penanggung Jawab Logistik kegiatan ini pada Kamis (2/8).

Bentrok Pentagen-Seleman setidaknya telah menghanguskan 8 rumah, 1 unit mobil dan belasan sepeda motor yang menjadi amukan warga. Selain itu, peristiwa ini juga mengakibatkan 1 orang luka berat di bagian kepala korban yang bernama Muhammad Nazril.

“Gerakan ini kami selenggarakan untuk membantu korban bentrok yang terjadi antara desa Seleman dan Pentagen yang mengakibatkan beberapa keluarga harus mengungsi di tempat pengungsian dan juga Masjid. Banyak diantara mereka yang kehilangan tempat tinggal, pakaian, dan lain-lain.” Pukas Igel sebagai Koordinator Lapangan gerakan ini (1/8).

Sementara itu, Firdaus Juanda, Founder sekaligus Ketua Komunitas Kerinci Berhijrah menjelaskan bahwa gerakan solidaritas ini merupakan bentuk kepedulian pemuda-pemudi Kerinci terhadap korban bentrok yang terjadi. Kerinci Berhijrah juga telah menghimbau kepada seluruh elemen pemuda yang ada di Kerinci untuk dapat berpartisipasi dalam gerakan ini.

“Kami telah menghimbau kepada seluruh elemen kepemudaan yang ada di seluruh Kerinci untuk bergabung dalam gerakan ini. Gerakan ini merupakan wujud kepedulian kami dari Kerinci Berhijrah untuk membantu korban atas musibah yang terjadi,” ungkap Juanda.

Juanda juga menjelaskan bahwa walaupun terbilang muda, namun komunitas ini telah berupaya untuk menjadi salah satu wadah bagi seluruh pemuda-pemudi Kerinci untuk belajar agama Islam dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kerinci khususnya dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

“Iya, komunitas ini masih muda, tapi kami telah berupaya untuk menjadi wadah bagi pemuda-pemudi Kerinci untuk belajar Islam dan bermanfaat bagi masyarakat Kerinci dengan kegiatan-kegiatan yang positif,” lanjutnya. ­­(***)

Penulis adalah Founder dan Ketua Umum “REAL -Kerinci Berhijrah”

News Feed