by

Komitmen Pemprov Sukseskan Kirab Obor Asian Games

Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto menyatakan pemerintah provinsi itu siap mensukseskan kirab obor Asian Games 2018 yang akan melintasi daerah itu pada 3 Agustus mendatang.

“Provinsi Jambi juga akan turut berpartisipasi memeriahkan dan telah siap menyambut kedatangan peserta kirab obor yang akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional,” katanya di Jambi, Kamis (26/7/2018).

Usai rapat rencana torch relay atau pawai obor Asian Games 2018 di wilayah Provinsi Jambi itu, Dianto minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan TNI/Polri untuk mengatur semua sesuai dengan tupoksi masing-masing.

Dianto mengatakan, kirab obor Asian Games 2018 di Sumatera diawali dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan hingga Lampung.

Kemudian kirab obor akan kembali ke Pulau Jawa melintasi Banten, Jawa Barat dan akan tiba di DKI Jakarta pada tanggal 15 Agustus.

“Kirab obor Asian Games XVIII 2018 akan berada di Provinsi Jambi pada 3 Agustus 2018 setelah sebelumnya berada di Sumatera Barat,” katanya.

Menurutnya merupakan kehormatan tersendiri bagi Provinsi Jambi karena dilintasi kirab obor Asian Games 2018, pasalnya hanya 18 dari 34 provinsi di Indonesia yang hanya dilintasi api obor Asian Games 2018 tersebut.

Dianto menjelaskan kirab obor Asian Games pertama akan disambut dan diarak dengan rangkaian kesenian tradisional.

Rombongan kirab obor ini akan didaulat sebagai tamu kehormatan dan akan disambut dengan tarian selamat datang yang akan dimulai di ruang VIP room Bandara Sultan Thaha Jambi.

“Kegiatan di sekitar kirab obor akan dikelilingi seluruh pesilat di Jambi yang akan mengawal serta menampilkan tarian kreasi baru. Pembawa obor akan didampingi oleh Bujang-Gadis Jambi dan kita akan mengupayakan yang terbaik bagi rombongan,” kata Dianto.

Kemudian rute yang akan dilalui kirab obor Asian Games 2018 di Jambi yakni dimulai dari Bandara Sultan Thaha-Simpang Bajuri Dalam-Simpang Bajuri Luar-Simpang Candra Luar-Simpang Adipura-Simpang Sukarejo dan menuju Simpang Jelutung.

Selanjutnya melewati Simpang Selamat Datang-Simpang SD Taufiq-Simpang Arah Pasar-Simpang Pertamina Kasang-Simpang Sijenjang-Jembatan Aurduri II dan Desa Niaso.

Setelah itu obor Asian Games akan diarak menuju destinasi wisata budaya yakni Candi Muarojambi, Kabupaten Muarojambi.

“Ketika kirab obor memasuki kawasan Candi Muarojambi tentu akan dirasakan kemeriahan dan antusiasme masyarakat yang merasakan kegembiraan bahwa candi Muarojambi menjadi lokasi kunjungan dari kirab obor Asian Games tersebut,” katanya menambahkan.

Seperti diketahui, pesta multicabang olahraga Asia itu akan digelar di Jakarta dan Palembang 18 Agustus-2 September 2018. (*)

News Feed