by

Rizal Djalil Turun Gunung

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa Dipo Nurhadi Ilham Djalil akan diuntungkan dengan kekuatan dan nama besar ayahnya untuk merebut kursi senayan. Pernah gagal pada pemilu 2014 lalu, tentu saja membuat Rizal Djalil, sang ayah tidak ingin anaknya gagal lagi untuk kali kedua. Makanya, pada Pileg 2019 mendatang, sebagai ayah, Rizal Djalil sepertinya benar-benar akan all out. Rizal bakal turun gunung untuk memenangkan anaknya, Dipo Ilham.

BACA JUGA: Adu Kuat Dipo Vs Bakri

Seperti yang terlihat pada Sabtu 7 Juli 2018 kemarin, Rizal Djalil menggelar acara besar-besaran di kediamannya di Kelurahan Dusun Baru, Kota Sungai Penuh. Acara yang dibalut lewat halal bi halal itu mengundang banyak warga Kerinci dan Sungai Penuh. Tak kalah hebat, Rizal Djalil juga memboyog Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar serta sejumlah Dirjen di Kementerian seperti Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR RI dan Dirjen PSP Kementrian Pertanian RI. Selain itu, dua kepala daerah juga turut hadir memenuhi undangan Rizal Djalil, yaitu Bupati Kerinci Adi Rozal dan Walikota Sungai Penuh, Asafri Jaya Bakri (AJB).

Dengan posisinya sebagai anggota BPK RI dan pernah menjadi anggota DPR RI dua periode, Rizal Djalil memang punya koneksi dan jejaring kuat di tingkat pusat. Tak heran, Rizal Djalil mampu mengundang tokoh-tokoh penting tingkat nasional hanya untuk datang menghadiri acara di kediamannya di Kerinci. Acara halal bi halal itu, menjadi ajang bagi Rizal Djalil untuk mempromosikan anaknya, Dipo Nurhadi Ilham Djalil yang akan maju sebagai caleg DPR RI dari PAN. Bahkan, Dipo dalam acara tersebut terang-terangan meminta dukungan dari warga yang hadir dan memohon restu untuk menjadi anggota DPR.

Hebatnya pula, para kepala daerah dan Menteri yang hadir juga ikut berkomentar mendukung pencalonan Dipo Ilham Djalil ini.

“Adinda Dipo ini saya lihat sudah senyawa dengan masyarakat Jambi, khusunya Kerinci dan Kota Sungai Penuh,” ujar Menteri Siti Nurbaya, blak-blakan.

Siti Nurbaya Bakar mengatakan penting masyarakat Jambi mendukung Dipo Ilham Djalil pada Pemilu 2019 nanti. Ia juga menyambut baik pencalonan putra pimpinan BPK RI itu.

“Makanya saya kira penting kita mendukung Dipo Ilham Djalil. Sekali lagi Adinda Dipo betul-betul sudah senyawa dengan masyakat Jambi,” ujarnya. Siti Nurbaya Bakar mengingatkan ada beberapa ciri pemilih pada diantaranya ciri otoritas dan ciri ikatan. Dimana ciri otoritas dimana masyarakat mempercayakan kepada yang dipilih untuk menyelesaikan masalah sosial. “Ada juga yang disebut ciri ikatan. Ciri ini mereka mempercayakan apa yang saya pikirkan juga yang dipikirkan calon yang dipilih,” katanya.

Dalam acara tersebut Dipo juga mendapat dukungan penuh dari Dua Kepala Daerah yakni Wali Kota Sungai Penuh, AJB dan Bupati Kerinci Adirozal. Wako AJB mengatakan, mendukung penuh keinginan tersebut. Menurut AJB, adanya anggota DPR dari Kerinci sangat penting. Hal tersebut dijelaskannya, bahwa tradisi senayan dari Kerinci ini Pertama kali dimulai oleh Rizal Jalil, yang berhasil 2 periode secara berturut-turut menjadi anggota DPR. Dengan kehadiran Rizal Jalil di senanyan, Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh merasa sangat terbantu.

“Kemudian setelah itu diselingi oleh pak Ami Taher juga terbantu, dan sehingga saat ini terputus. Kita Kerinci dan Sungai Penuh tidak mempunyai kontak yang bisa memperhatikan daerah kita,” ujar AJB.

Untuk itu, AJB meminta masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh, memahami proses demokrasi. Hari ini, kata AJB, Kerinci dan Sungai Penuh tidak punya wakil di senanyan sebagai tempat mengadu kondisi Kerinci dan Sungai Penuh. Ini persoalan yang penting, ada rantai yang putus dari proses ini.

“Kita masih tertolong oleh pak Rizal Jalil di BPK, yang selama ini membantu. Tapi kita tidak mempunyai wakil resmi, persoalan ini harus kita hadapi. Kami sebagai tokoh masyarakat Sungai Penuh, Bahwa kita harus menghadirkan putra daerah di senanyan, secara kebetulan Dipo sudah aktif disana. Komunikasi beliau dengan pusat, dirjen sudah luar biasa,” ucapnya.

“Saya menghimbau seluruh SKPD, Camat yang hadir, dan masyarakat Sungai Penuh untuk mendorong Dipo. Mari kita dukung, kita beri A plus atas keberanian beliau,” tegas AJB.

Hal senada dikatakan Bupati Kerinci, Adirozal. Dimana, dengan kemampuan dan hubungan yang sudah terjalin bagus dengan pusat selama ini, maka dirinya meyakini Dipo bisa membantu pembangunan Kerinci dan Sungai Penuh.

“Kita mendukung penuh niat Dipo sebagai wakil dari Kerinci dan Sungai Penuh di Senayan, karena telah terbukti selama ini ia mampu membawa beberapa bantuan dari pusat untuk Kerinci dan Sungai Penuh,” katanya.

Isyarat dukungan Menteri dan dua Kepala Daerah itu sepertinya bisa saja hanya sebatas basa-basi. Mereka para pejabat itu tak enak hati dengan Rizal Djalil, ayah Dipo yang kini merupakan anggota BPK RI. Sebagai pimpinan BPK, Rizal Djalil punya peranan penting di tingkat pusat, apalagi menyangkut audit keuangan institusi negara.

Para pejabat, baik Menteri maupun kepala daerah sudah pasti punya keinginan membangun hubungan baik dengan pimpinan BPK RI. Dengan begitu, jika ada masalah audit keuangan bisa mudah berkomunikasi dan meminta saran dari BPK. Namun, dukungan itu bisa saja memang benar adanya, bukan sekedar basa-basi. Dengan begitu, langkah Dipo menuju senayan terbuka sangat lebar.

Pantauan dilapangan, warga Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci tumpah ruah menghadiri acara Halal Bil Halal di kediaman Dipo Ilham Djalil. Tampak hadir sejumlah tokoh masyarakat dan para depati ninik mamak. Selain Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dirjen Kementrian PUPR dan Dirjen Kementerian Pertanian Republik Indonesia, ada juga Walikota Sungai Penuh dan Bupati Kerinci. Mereka tampak berbaur bersama masyarakat yang hadir.

Pada kesempatan itu, Dipo Ilham Djalil dalam sambutanya meminta restu kepada masyarakat Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci untuk maju sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di Senayan.

“Insya Allah saya akan maju untuk menuju Senayan pada 2019 mendatang. Jadi saya minta restu dari masyarakat Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci,” sebutnya.

Ketua DPW PAN Provinsi Jambi, Bakri belum lama ini mengatakan PAN memiliki strategi sendiri untuk mendulang suara dan meraih tiket ke senayan. Menurutnya, di PAN sendiri selain dirinya untuk calon DPR RI, ada juga Wasekjen DPP Mahili dan Dipo Ilham Djalil.

“Kami yakin dengan mesin partai mulai dari Kabupaten Kota hingga Provinsi, kami bisa mendulang suara untuk DPR RI,” katanya. (rzi/awn)

 

Profil Rizal Djalil

Lahir : Kerinci, 20 Februari 2956

Riwayat Pekerjaan:

  • Anggota IV BPK Oktober 2014 s.d sekarang
  • Ketua BPK RI April 2014 s.d Oktober 2014
  • Anggota VI BPK RI Oktober 2009 s.d April 2014
  • Anggota DPR RI dan MPR RI 2004 s.d 2009
  • Anggota DPR RI dan MPR RI1999 s.d 2004
  • Bekerja membantu hak financial & perawatan korban gempa Kerinci 1995, tahun 1998.
  • Manager Perum Husada Bakti, DKI Jakarta 1993 s.d 1997
  • Manager Perum Husada Bakti, Provinsi Jambi 1987 s.d 1992
  • Bekerja pada program penanggulangan kebutaan pada Anak Pra-Sekolah, dibawah Hellen Keller Internasional, Jakarta 1982 s.d 1983.

News Feed