by

Jelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Tanjabtim Sidak ke Pasar

MUARASABAK– Kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sangat dibutuhkan sekali oleh seluruh manusia setiap harinya, apalagi menjelang hari besar seperti Hari Raya Idul Fitri, tentunya kebutuhan sembako tersebut akan sangat meningkat, terutama bagi masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

Untuk menjamin stok sembako tetap aman bagi kebutuhan masyarakat, tentunya Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mempersiapkan langkah – langkah agar semuanya terpenuhi.

Sebagaimana yang dilakukan Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur, H. Romi Haryanto, SE pada H-8 menjelang masuknya hari Raya Idul Fitri 1439 H (Kamis 7 Juni 2018 pukul 09.00 WIB) pagi ini melakukan sidak dipasar kamis Kelurahan Talang Babat Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Hal ini tentunya bertujuan untuk memastikan stok dan harga sembako bagi masyarakat agar tetap terpenuhi dan stabil.

Dalam sidak yang dilakukan Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur H. Romi Haryanto, SE dengan didampingi Kepala Disperindag Kabupaten Tanjung Jabung Timur Hero Suratman beserta Kepala Bidang Perdagangan Awaluddin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tanjung Jabung Timur M. Idris, SE, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ir. Rajito yang diwakili Kabid Kesmavet Drh. Ashari Adam, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur Sunarno, SP, Kepala Bagian APPSDA Setda Kabupaten Tanjung Jabung Timur Dedi Armadi, SH, Beliau (Bupati Romi – Red) memastikan stok dan harga sembako di Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya di Kecamatan Muara Sabak Barat dan sekitarnya tetap stabil, aman, dan tidak terjadi kelangkaan.

“Saya sudah berkeliling dan berkoordinasi dengan para pedagang dipasar kamis Kelurahan Talang Babat Kecamatan Muara Sabak Barat ini untuk mengecheck harga dan kebutuhan sembako pada saat menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1439 H untuk di Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya di Kecamatan Muara Sabak Barat dan sekitarnya, Insya Allaah akan tetap stabil, aman, dan tidak terjadi kelangkaan “. Ujar Bupati Romi.

“Cuma yang menarik, haga daging ayam sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No. 62 Tahun 2018 Harga di wilayah Sumatera khususnya Provinsi Jambi seharusnya Rp 34.000/kilo, namun dilapangan saat ini harga daging ayam diwilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur mencapai Rp 35.000-Rp 37.000/kilo, dan kami masih bisa mengucapkan Alhamdulillaah dengan kisaran harga ayam tersebut, karena peadagang di Kabupaten Tanjung Jabung Timur masih memerlukan biaya untuk mendatangkan ayam tersebut ke Kabupaten Tanjung Jabung Timur, hal ini disebabkan juga rata-rata pebisnis (pedagang, Red) kita mengambilnya dari Kota Jambi “. Ungkap Bupati Romi.

“Daging segar saat ini, rata-rata Rp 130.000/kilo, dan menurut Dinas Perkebunan dan Peternakkan Kabupaten Tanjung Jabung Timur stok daging segar masih aman dan terkendali sampai Hari Raya Idul Fitri 1439H,” Jelas Bupati Romi.

Bupati Romi juga berharap kepada OPD tekhnis dalam hal ini Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Kabupaten Tanjung Jabung Timur, agar barang – barang yang dijual tidak lagi didatangkan dari jambi seperti cabai, bawang, dan sayuran – sayuran.

“Untuk kedepannya, saya minta kalau bisa kita harus lebih mandiri lagi terutama dari sektor pertanian, jangan lagi mendatangkan barang dari Jambi, seperti cabai, bawang, dan sayur – sayuran, pada intinya swasembada pangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur “. Tegas Bupati Romi. (oki)

News Feed