by

Bulan Ramadhan, GenBI Berbagi Bersama Anak Panti Asuhan

GENBI adalah singkatan dari generasi Baru Indonesia yang merupakan sebuah komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) yang tersebar diberbagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Di provinsi Jambi sendiri ada 2 PTN yang menjadi partner BI yaitu Universitas Jambi (Unja) dan  Universitas Islam Negeri Sulthan Thana  Saifuddin Jambi (UIN STS Jambi). Tujuan dari GenBI sebagai agent of change adalah pertama menjadi forum komunikasi untuk menjalin interaksi, berbagi inspirasi dan motivasi positif. Kedua menjadi wadah pembinaan kemampuan kapasitas diri dalam menghadapi dinamika kehidupan masyarakat dan menyonsong pergerakan arus globalisasi. Ketiga menjadi wahana pengembangan kompetensi keilmuan, minat, bakat, kepedulian, tanggung jawab dan gerakan solidaritas sosial untuk melaksanakan aktivitas sosial kemasyarakatan.

GenBI sendiri sudah tidak asing di telinga masyarakat Jambi, karena sudah banyak program kerja atau kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat yang dilakukan oleh GenBI Jambi untuk masyarakat. Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1439 H, GenBI Jambi kembali melakukan program kerja bertajuk sosial yang dilakukan di Panti Asuhan Baiturahman, beralamat di kelurahan Rajawali, Jambi Timur Kota Jambi, Rabu (30/5/2018).

GenBI Jambi memberikan bantuan sosial kepada anak-anak panti ini berupa pakaian layak pakai, perlengkapan alat tulis, sembako dalam bentuk beras, minyak goreng, gula dan sekaligus berbuka puasa bersama . Dalam agenda ini terdapat juga rangkaian kegiatan berupa sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR) yang disampaikan langsung Tim dari unit pengelolaan uang rupiah KPw Bank Indonesia Provinsi Jambi, bapak Arisanto . Selain sosialisasi CIKUR, GenBI juga mengadakan fun games dan qultum untuk menghibur adik-adik panti.

Hampir setiap tahun GenBI Jambi selalu melakukan kegiatan rutin bakti sosial di berbagai panti asuhan, seperti tahun lalu diadakan dibeberapa panti salah satunya adalah Panti Asuhan Al Mahri yang beralamat di Kebun Handil. “Dengan adanya kegiatan bakti sosial ini diharapkan agar anggota GenBI Jambi dapat menumbuhkan rasa peduli dan jiwa sosial terhadap sesama. Tak luput, tujuan sosialiasasi uang rupiah atau “CIKUR” merupakan sebuah gerakan untuk memperkenalkan uang rupiah dan mempersempit peredaran uang palsu di kalangan masyarakat karena anak-anak yang biasanya mudah tertipu dengan uang palsu. Kegiatan ini juga diharapkan mampu membuat adik-adik panti merasa termotivasi untuk  tidak menjadikan uang sebagai alasan mereka berhenti mencari ilmu dan meraih cita-cita mereka,” ucap Wandoyo sebagai Ketua GenBI Jambi 2018.

Khairul Aswan, selaku Pengurus Panti Asuhan Baiturahman,  mengatakan Panti Asuhan ini dihuni oleh 35 orang anak, 22 putra dan 13 putri. Usianya mulai usia 5 tahun atau masih usia PAUD  dan usia tertua sudah kelas 3 SMK. Khairul juga mengatakan anak-anak yang diterima di panti ini adalah anak yatim piatu dan dhuafa (orang miskin). Sepulang sekolah anak-anak disini akan membuat keterampilan hidup seperti menyulam, membuat rajutan tas dan peci. Dengan berkarya dan berdagang seperti itu anak-anak bisa membantu memenuhi kebutuhan mereka dan juga kebutuhan panti ini, itu harus mereka lakukan agar ketika mereka dilepas setelah tamat SMA  mereka mampu untuk hidup mandiri,” ujar Khairul

Wandoyo sebagai ketua GenBI Jambi 2018 juga mengatakan kegiatan ini merupakan program kerja awal di tahun 2018. Proker ini diharapkan menjadi awal yang baik yang mampu membuat GenBI Jambi 2018 lebih bersemangat dan kreatif  untuk melakukan proker dan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat kedepannya. GenBI Jambi 2018 juga harus  memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi energi untuk negeri. Diharapkan baksos ini menjadi sebuah tonggak generasi muda untuk giat membangun negeri dan tentunya menjadi contoh untuk generasi muda lainnya. “GenBI, Energi Untuk Negeri”. (***)

Penulis adalah Anggota GenBI Jambi

News Feed