by

Fachrori Umar Buka Rakor Litbangda Bersama Tiga Provinsi Tetangga

JAMBI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar secara langsung membuka Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan Daerah (Rakorlitbangda) Provinsi Jambi tahun 2018 di O2 Weston Jambi.

Tiga perwakilan Provinsi tetangga juga menghadiri Rakorlitbangda yakni, Aceh, Sumatera Utara dan Bangka Belitung. Terdapat pula beberapa narasumber yang ahli dalam bidangnya, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta tamu undangan lainnya.

Fachrori Umar mengatakan dalam kata sambutannya, bahwa saat ini telah memasuki abad ke 21 gerbang milenium ke 2, upaya membangun kemampuan ekonomi untuk kemandirian dan daya saing daerah adalah bagian dari komponen dan cita-cita besar bersama untuk sejajar dengan provinsi lain.

“Sebagai bagian dari jajaran pemerintahan, Badan Litbang dan perangkat litbang daerah diharapkan mampu menjadi motor penggerak yang efektif dalam upaya percepatan otonomi daerah, melalui peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,” kata Fachrori Umar.

Lebih lanjut, kata Fachrori keberadaan institusi penelitian dan pengembangan harus mampu mendorong terciptanya berbagai inovasi dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik serta layanan lainnya sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Dirinya berharap dengan pelaksanaan rapat kali ini dapat berperan penting dan strategis untuk mewujudkan Jambi Tuntas 2021.

“Kita menghadapi tantangan dan permasalahan yang kompleks. Terutama masalah penanggulangan kemiskinan dan peningkatan sumber daya manusia,” sebutnya.

Selanjutnya dirinya berharap Rakorlitbangda dapat menghasilkan rumusan konkrit dan inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat. (*/rin)

News Feed