by

Danrem 042/Gapu Canangkan Pembangunan Zona Integritas WBK

JAMBI – Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto mencanangkan pembangunan Zona Integritas (ZI) Satuan Kerja (Satker) Korem 042/Gapu menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Dalam kegiatan pencanangan wilayah bebas korupsi di Balai Prajurit Korem 042/Gapu, Rabu (9/1), dilaksanakan kesepakatan dan penandatanganan bersama oleh Danrem 042/Gapu dan Dandim jajaran serta Danyonif R 142/KJ, Dan/Kasatbalak Rem 042/Gapu, Kasi, Pasi, para Perwira, Bintara dan PNS Korem 042/Gapu.

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang pelaksanaan program reformasi birokrasi.

Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Danrem mengatakan program reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2010, telah menetapkan program reformasi birokrasi sebagai salah satu program prioritas TNI AD yang merupakan program jangka panjang menuju tata kelola pemerintahan 2025 yang bersih dan bebas KKN, transparan, akuntabel dan profesional.

Komitmen dan kebijakan TNI AD sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan reformasi birokrasi di lingkungan TNI AD secara konsisten dan berkelanjutan.

Untuk mendukung program reformasi birokrasi TNI AD, maka Korem 042/Gapu dalam menjalankan tugas pokoknya, diantarnya yaitu menyelenggarakan dan merencanakan pembinaan kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan, menyelenggarakan pembinaan teritorial diwilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah dalam rangka mendukung tugas pokok Pangdam II/Swj.

Pencanangan pembangunan Zona Integritas Korem 042/Gapu menuju WBK/WBBM memiliki target yang ingin dicapai, yaitu  meningkatnya komitmen seluruh satuan kerja di jajaran Korem 042/Gapu dalam menuju WBK/WBBM.

Kemudian terjadinya perubahan pola pikir dan budaya kerja di Satker jajaran Korem 042/Gapu sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM dan juga menurunnya resiko kegagalan yang disebabkan kemungkinan timbulnya resistensi terhadap perubahan aturan yang berlaku.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Karo Rena Polda Jambi, Kasrem 042/Gapu, Para Dandim jajaran Rem 042/Gapu, Danyonif Raider 142/KJ dan para Dansat Jajaran Rem 042/Gapu, Para Kasi Korem 042/Gapu, Kepala KPPN Jambi, Kepala KPKNL Jambi serta Kepala Kanwil Perbendaharaan Jambi. (*)

News Feed