oleh

Tanggapi Banjir Kota Jambi, Tigor Sinaga: re-Desain Drainase! Sikapi Banjir dengan Bijak

“Pembangunan pesat Kota Jambi adalah sebagai dampak dari pertumbuhan ekonomi yang tak dapat dihindari. Pertumbuhan penduduk dan kepadatan kota pun adalah konsekuensi dari kemajuan dan peningkatan perekonomian.” – Ir Tigor GH Sinaga

PENDAPAT Ir Tigor GH Sinaga, Sekjend National Housing Development Community (NHDC) menanggapi persoalan banjir yang melanda Kota Jambi.

Pendatang dan penduduk lokal yang ada di Kota Jambi berlomba untuk merebut setiap peluang yang muncul. Berbagai kegiatan bisnis tumbuh; Perumahan, Toko, Mall dibangun bak jamur yang tumbuh di musim hujan.

“Umumnya, banjir dan kemacetan yang melanda suatu daerah adalah gambaran bahwa pertumbuhan dan kemajuan ekonomi daerah tersebut, melebihi prediksi pertumbuhan rata rata,” ujar Tigor –Sapaan akrabnya.

Pemerintah daerah (Pemda) harus melakukan antisipasi guna mengatasi pertumbuhan yang diluar prediksi tersebut. Kontur kota jambi yang relatif datar menyebabkan perlambatan aliran air permukaan.

“Studi komparasi yang pernah saya lakukan di Kota-kota dengan kontur yang mirip Kota jambi, desain drainase-nya perlu direncanakan lebih matang secara menyeluruh, agar kemudian perencanaan sistem drainase lebih komprehensif,” jelas Tigor.

Penetapan daerah-daerah resapan, pembangunan saluran drainase utama perkotaan yang terhubung dengan pembuangan akhir dengan dimensi yang mampu menampung luapan, pembuatan embung-embung penampung air perlu dipikirkan secara serius Pemerintah Kota Jambi.

“Pertumbuhan itu adalah anugerah, namun perlu disikapi dengan bijak. Semoga banjir yang melanda kota jambi bisa segera diantisipasi dan disikapi dengan bijak pula oleh pemerintah dan juga masyarakat tentunya,” lanjut Tigor. (*)

News Feed