oleh

SAH Inisiasi Aturan yang Mewajibkan Sholat Subuh Berjamaah Bagi Anak-anak Sekolah

MUSLIM di Indonesia perlu terus menggulirkan gerakan anak shalat subuh berjamaah di masjid secara nasional. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan anak-anak serta membentengi generasi muda dari hal yang negatif. Pernyataan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan Sutan Adil Hendra (SAH) ketika menghadiri ekspose kajian Yayasan Pendidikan Islam Anak Bangsa (17/11) kemarin di Jakarta.

“Melihat perkembangan saat ini, maka kami di DPR ingin memberi dukungan regulasi untuk mengajak anak-anak untuk aktif dalam gerakan shalat subuh berjamaah sebagai bagian dari kurikulum yang diatur dalam satu peraturan yang lebih mengikuti,” ungkapnya.

Usulan aturan yang mendukung gerakan dikatakan Anggota Fraksi Partai Gerindra ini akan dibicarakan dengan serius bersama pemerintah, MUI dan elemen masyarakat lainnya di tanah air.

Upaya mendekatkan anak ke masjid ini, lanjut SAH, dinilai efektif untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan generasi muda. Terutama dalam membentuk anak dan remaja yang memahami agama dan menjalankan ajarannya dengan baik.

Kegiatan tersebut juga untuk menangkal sejumlah pengaruh negatif yang mempengaruhi anak-anak. Misalnya perkembangan teknologi informasi yang menyebarkan konten negatif melalui handphone (HP) atau media internet.

Selanjutnya SAH mengungkapkan, jika anak-anak menguasai agama dengan baik maka diharapkan akhlaknya pun bisa menjadi contoh teladan. Sehingga anak-anak di tanah air dapat menjaadi generasi yang yang berakhlak mulia dan dekat dengan agama.

Di sisi lain ujar Anggota DPR yang akrab di sapa SAH menyikapi fenomena yang memprihatinkan yang melanda perkembangan anak – anak dan remaja di tanah air.  Di mana pada 2017 ini dilaporkan ada gejala yang makin mengkhawatirkan akan perilaku negatif baik itu narkoba maupun perkembangan karakter yang tidak baik lainnya.

Kejadian ini lanjut dia seharusnya menjadi dorongan bagi orang tua dan pihak lainnya dalam memperihatikan keberadaan anak-anaknya dari pengaruh lingkungan yang negatif.

Salah satu caranya kata SAH, dengan memberikan pendekatan agama yang baik kepada anak-anak. Salah satunya dengan mendorong anak-anak untuk shalat berjamaah di masjid. (*)

News Feed