oleh

Trisatya dan Dasa Darma Pembentuk Karakter Anggota Gerakan Pramuka

Oleh Fathul Yasin

PERKEMBANGAN zaman semakin begitu cepat dan pesat,tak terasa kemerdekaan indonesia telah begitu lamanya di kumandangkan oleh sang proklamator indonesia bapak presiden pertama bung karno.pidatonya yang mengebu gebu menambah gairah semangat perjuangan kemerdekaan pada saat itu,dan hingga saat ini pun nama beliau tetap santer dikumandangkan sebagai bapak proklamator bangsa yang begitu hebat.tak mengherankan beliau akan tetap dikenang sebagai pahlawan proklamasi yang sangat heroik pada masanya.

Soekarno merupakan pahlawan yang beegitu cocok sebagai panutan bagi para generasi muda sekarang ini.semangat dan perjuangan yang tak kenal lelah telah membuat kemerdekaan ini dapat kita rasakan dengan begitu nyaman hingga saat ini.andaikata pada masa lampau jika para pahlawan tidak berjuang gigih blom tentu pada saat ini kita semua bisa mencicipi indahnya kemerdekaan.maka dari itu seharusnya para pemuda saat ini harus bisa membentuk pribadi berkarakter seperti sang proklamator.

Pribadi berkarakter merupakan pembentuk jiwa dan pribadi yang dapat merubah dirri ke arah yang lebih baik.karena pada dasarnya pembentukan karakter pada saat ini merupakan kebutuhan yang wajib diperlukan bagi para pemuda dan pemudi saat ini.karena kaum muda saat ini lah yang nantinya akan menjadi generasi estafet selanjutnya dalam membangun bangsa indonesia kedepannya.adapun pembentukan karakter yang begitu dinikmati dan dilaksanakan tanpa mereka sadari pada generasi dulu hingga sekarang adalah lahir dari organisasi Gerakan Pramuka.

Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non formal yang yang menyelenggarakan kegiatan yang menarik,menyenangkan,sehat,teratur,terarah dan dilakukan di alam terbuka yang mengedepankan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang mana dapat membentuk pribadi ,watak dan ahlak yang luhur.tak mengherankan organisasi pramuka merupakaan organisasi yang sangat eksist hingga saat ini,bahkan tetap tidak sepi akan peminatnya.karena pada tujuannya pramuka adalah untuk mebentuk karakter pemuda yang terampil dan kreatif dalam segala bidang.sehingga pramuka melahirkan banyak orang orang besar yang menjadi pemimpin di bangsa ini.

Pemebentukan karakter yang lahir dari dulu hingga saat ini merepukan hasil didikan metode kepramukaan yang tersusun begitu rapi dan sistematis sehingga dapat memberikan arah tujuan yang jelas bagi para anggota pramuka.ada sepuluh dasar tiga janji yang dapat membentuk pribadi yang luar biasa bagi para anggota pramuka yang biasa di kenal dengan dengan kode kehormatan yaitu dasa darma dan tri satya.

Tri satya gerakan pramuka dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga berbunyi “Demi kehormatanku,aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, menolong sesamahidup, dan ikut serta membangun masyarakat, serta menepati Dasadarma”.Tri satya tersebut merupakan tiga janji ataupun sumpah yang wajib untuk dikerjakan bagi seorang anggota pramuka dimana tiga janji tersebut merupakan dasar lahirnya pribadi yang berkarakter dan membentuk watak yang luhur.

Dasa darma merupakan sepuluh dasar yang harus dilaksanakan setelah tri satya,karena di dalam tri satya sudah di jelaskan untuk menepati dasa darma sebagai pelaksanaan kode kehormatan gerekan pramuka.di dalam sepuluh darma itu berbunyi yaitu pertama,takwa kepada tuhan yang maha esa.kedua cinta alam dan kasih sayang sesama manusia ketiga. patriot yang sopan dan ksatria keempat. patuh dan suka bermusyawarah kelima. rela menolong dan tabah keenam. rajin, terampil dan gembira ketujuh. hemat, cermat dan bersahaja. kedelapan. disiplin, berani dan setia kesembilan. bertanggung jawab dan dapat di percaya kesepuluh. suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.poin yang terdapat di adalam dasa darma tersebut lahyang membentuk pribadi yang luhur bagi anggota pramuka.sehinga tak mengherankan banyak anggota pramuka membentuk pribadi berkarakter yang anggun dan patut menjadi panutan setiap orang.

Tri satya dan dasa darma merupakan duet kolaboratif kode kehormatan pramuka sebagai penuntun arah gerak anggota pramuka dalam bertindak dan berperilaku.niali nilai yang tercermin di dalamnya mencerminkan keperibadian yang anggun bagi para anggota pramuka.sehingga tak mengherankan banyak para generasi ini lahir karena gerakan pramuka,karena di pramuka di ajarkan untuk hidup mandiri,kreatif,inovatif dan berakhlak budi pekerti yang baik.tak jarang gara-gara dari pramuka banyak para anggota pramuka bisa berprestasi pergi keluar negeri maupun ke daerah daerah yang ada diindonesia disebabkan pramuka.maka dari itu tak mengherankan organisasiini merupakan organisasi yang begitu besar di indonesia.bahkan di kalangan masyarakat semuanya rata-rata sudah tau apa itu pramuka.

Adanya pramuka dewasa ini harus lebih di giatkan lagi organisasi ini ke arah yang lebih baik lagi.dengan pembinaan yang tepat dan efektif.jangan sampai ada campur tangan yang merusak organisasi yang melahirkan para generasi hebat di seluruh indonesia bahkan dunia.penulis mencanangkan kepada para anggota pramuka harus bisa terus membuat segala bentuk kegiatan yang berdampak positif bagi seluruh kalangan pemuda pemudi di seluruh indonesia.mari kita bangun pramuka agar tetap terus eksis sebagai gerakan pemebentuk karakter yang hebat,tampil berani dan bermental baja.berikan segala bentuk materi,kegiatan dan pelatihan yang memiliki makna dan arti tersendiri bagi pengalaman para anggota pramuka.sehingga setiap segala bentuk kegiatan mempunyai pelajaran yang dapat di petik sebagai hikmah perjalanan mereka dalam gerakan pramuka.jangan sampai hanya mengajarkan kesenangan dan hura-hura semata,karena dari hal tersebutlah yang akan merusak nilai-nilai yang ada di gerakan pramuka. Maka bentuklah dengan kesenangan dan kegembiraan yang mempunyai makna dan pembelajaran yang dipetik.

Dapat di simpulkan bahwasanya gerakan pramuka merupakan organisasi yang memiliki dua kode kehormatan yang begitu sakral sebagai pembentuk jiwa dan karakter para anggotanya,yaitu tri satya dan dasa darma pramuka.maka sebagai pedoman kode kehormatan pramuka merupakan sebuah dasar sebagai arah gerak para anggota pramuka dalam berpedoman dan berperilaku sebagai anggota pramuka.maka dari pramuka ini diharapkan dapat mencetak para generasi yang hebat dan berprestasi luar biasa yang suatu saat akan membangun bangsa ini menjadi bangsa yang hebat dan dapat disegani di mata di dunia,sebagaimana para anak pramuka yang dapat melahirkan generasi hebat dan disegani oleh setiap penduduk bangsa indonesia yang tercinta. (***)

 

Penulis adalah anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.767-09.768 Madrasah Aliyah Riyadhul Jannah

News Feed