November 16, 2018
oleh

Peringati Sumpah Pemuda di Bantul, Ini kata Staf Ahli Menpora Jonni Mardizal

Sembilan puluh tahun yang lalu pemuda di seluruh pelosok Indonesia berikrar mencintai bangsanya yang dituangkan pada naskah yang disebut ikrar sumpah pemuda. Momentum bersejarah yang terjadi pada 28 Oktober 1928 di Jakarta itu pun menjadi istimewa lantaran ikrar sumpah pemuda mampu membangkitkan rasa nasionalisme.

Teks sumpah pemuda berisi, kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia, kami putra dan putri mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia dan kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, menjadi tonggak sejarah bersatunya pemuda Indonesia.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 oktober sekaligus merefleksi nilai nilai historis sumpah pemuda. Pesan Trend Budaya Ilmu Giri di Padukuhan Nogosari Desa Selopamioro Kecamatan Imogiri menggelar dialog kebangsaan bertema sumpah pemuda.

Acara tersebut dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta diantaranya Universitas Sarjana Wiyata (UST), Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Pembicara utama dalam dialog tersebut Staf Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Ekonomi Kreatif, Jonni Mardizal dan pengasuh Pesan Trend Budaya Ilmu Giri, Nasruddin Anshoriy (Gusnas). Jonni Mardizal mengungkapkan, memperingati sumpah pemuda momentum menggelorakan kembali rasa patriotisme dan nasionalisme pemuda Indonesia.

Berbagai peristiwa yang mengarah pada perpecahan antar warga negara yang belakangan terjadi menjadi ancaman bagi keberlangsungan kehidupan bertata negara. Semangat sumpah pemuda berbagai latar belakang, bersatu untuk Indonesia harus terus dipupuk dan sebagai model menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Di tahun politik ini, menurut Jonni, pemuda harus ambil bagian dalam menyukseskan pemilu baik legislatif maupun pilihan presiden. Pemuda harus menjaga kondusifitas dengan menyebarkan berita-berita positif sehingga dapat memberikan andil dalam suksesnya pesta demokrasi.(*)

News Feed