oleh

Maju Kembali DPR RI, Popularitas dan Elektabilitas SAH Masih Tertinggi

ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI daerah pemilihan (dapil) Provinsi Jambi, Sutan Adil Hendra (SAH) memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi di dapilnya.

Dalam survei yang dirilis LKPR disebutkan bahwa SAH mengungguli popularitas dan elektabilitas 25 calon anggota DPR RI potensial dari Jambi. Menurut managing Riset LKPR, Aulia Fadli, popularitas atau pengenalan SAH dalam survei LKPR mencapai 68,29 persen dengan tingkat kesukaan 52,45 persen dengan elektabilitas 41,57 persen.

Dijelaskannya, survei dilakukan pada 29-39 September 2018 lalu dengan menggunakan metode multi stage random sampling. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 1.600 orang. Adapun sebarannya di wilayah Dapil Provinsi Jambi meliputi 11 Kabupaten/Kota.

Hasil survei ini juga secara rinci menyebutkan, dari sisi popularitas, SAH berada di posisi teratas, mengungguli nama – nama lain yang telah lama berkiprah di dunia politik, sedangkan nama – nama lain justru belum tampak popularitasnya.

Tingkat pengenalan SAH berbanding lurus dengan tingkat elektabilitasnya. Sehingga elektabilitas SAH juga tertinggi dibandingkan calon legislatif lain. “Angka elektabilitas SAH stabil dan merata dari tiap daerah, bahkan untuk Kota Jambi dan beberapa daerah lainnya SAH unggul secara mutlak,” jelasnya.

Selanjutnya, peneliti yang lama menekuni riset politik ini menambahkan, dalam survei tersebut masih banyak responden yang belum menentukan pilihannya. “Masih ada sekitar 36 persen belum menentukan pilihan, karena intensitas sosialisasi dalam pemilu kali ini penuh dengan aturan, akibatnya tokoh – tokoh lama masih sangat berpeluang untuk duduk kembali,” ungkapnya. (*)

News Feed