oleh

Banyak Kejadian Begal Taksi Online, Driver Ini Bikin Ruang Antibegal

JAKARTA – Sudah banyak kasus kriminalitas yang melibatkan taksi online. Bahkan, driver taksi online pun tak sedikit yang menjadi korban.

Untuk menghindari kasus kriminal, seorang pengemudi taksi online Dian Herlani membuat inovasi kreatif. Dia membuat sebuah pembatas kaca yang memisahkan dirinya dengan penumpang.

Mobil Datsun GO yang dipakainya untuk narik taksi online ini ditambahkan semacam dinding kaca yang memisahkan ruang pengemudi dan ruang untuk penumpang. Jadi, posisi Dian sebagai pengemudi tak akan bisa dijangkau oleh penumpang di samping kirinya maupun di belakangnya.

“Aman 100 persen sih nggak. Cuman kan kalau dia mau ngapa-ngapain (bertindak jahat) kan jadi susah. Kalau nggak pakai itu kan dia enak banget kalau mau ngejangkau kita ke leher atau gimana. Kalau itu kan ada warning gitu, jadi nggak langsung ngejangkau kita,” kata Dian kepada detikOto, Jumat (12/10/2018).

Dian memasang pembatas ini setelah melihat berita banyaknya pengemudi taksi online yang menjadi korban begal dan penodongan. Dia tak ingin kejadian serupa menimpa dirinya.

“Semenjak yang sebelum lebaran itu kan ada kejadian yang di Cibubur yang ditusuk. Pas ngelihat itu aja, saya ngeri juga, kebetulan kan saya sering keluar malam juga. Apalagi punya anak istri kalau ada apa-apa kan ngeri juga. Kalau dulu kan sebelum pakai ini saya agak was-was. Kalau penumpang buka tas, gerak-gerak saya pasti nengok, apalagi yg agak malam, ada suara apa saya pasti nengok. Kalau sekarang kan agak tenang,” katanya. (*)

 

Sumber: Detik

News Feed