by

Fachrori Harap Bidang Tanah Pada Tahun 2025 Telah Terdaftar

JAMBI – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018 bertempat Lapangan Upacar Kantor Wilayah BPN Provinsi Jambi, Senin Pagi (24/9).

Dalam sambutannya, Fachrori mengatakan dalam upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Geografis Tata Ruang (GISTARU) yang menungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun disetiap daerah.

“Berkenaan dengan legalisasi aset melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang jumlah bidang tanah seluruh Indonesia lebih kurang 126 juta bidang tanah diharapkan tahun 2025 seluruh bidang tanah telah terdaftar. Untuk melaksanakan percepatan PTSL tesebut diperlukan optimalisasi penggunaan teknologi terkini,” ujar Fachrori.

Dirinya menjelaskan Pembangunan infrastruktur adalah prasyarat untuk peningkatan produktivitas dan daya saing nasional serta berkembangnya investasi.

“Dalam mengurangi ketimpangan struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan tanah, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan aset tanah dan penguatan hak masyarakat atas tanah/hutan adat, pemerintah telah mencanangkan program Reforma Agraria,” tuturnya.

Selain itu, penerapan layanan terintegrasi ke dalam online single submission untuk layanan izin lokasi, pertimbangan teknis pertanahan, informasi rencana detil tata ruang dan pengaturan zonasi sudah dimulai.

“Dalam pembinaan Sumber Daya Manusia, sedang kita siapkan sistem penilaian kinerja berdasarkan Key Performance Indicators (KPI) yang akan menjadi dasar kementerian ATR/BPN dalam melaksanakan rotasi dan promosi menjadi adil bagi pengembangan karier setiap pegawai,” pungkas Fachrori. (adv pemprov)

News Feed