oleh

SAH Berharap Asian Games 2018 Mampu Dongkrak Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Indonesia

Jambi – Penyelenggaran acara olahraga berskala internasional Asian Games pada Agustus mendatang diyakini bakal mendongkrak sektor ekonomi kreatif Tanah Air, yang pada tahun ini kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto ditargetkan mencapai Rp1.100 triliun.

Pernyataan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR Sutan Adil Hendra (SAH) yang mengungkapkan, momentum tersebut akan menjadi berkah bagi subsektor andalan ekraf seperti kuliner, fashion dan kriya terutama produk merchandise dan souvenir.

“Ekonomi kreatif merupakan sektor yang terkena dampak multiplier effect dari Asian Games. Saya minta pelaku ekonomi kreatif untuk siap menerima konsumen yang besar, karena pelaksanaannya cuma dua minggu,” ujarnya saat menghadiri dialog saat reses (3/8) di Provinsi Jambi kemarin.

Dalam perhelatan tersebut, SAH mengharapkan para pelaku ekonomi kreatif bisa  terlibat terutama dalam hal estetika, seperti mengadakan sayembara logo Asian Games, pemilihan maskot, pemilihan konsultan untuk upacara pembukaan dan penutupan, hingga menyeleksi pelaku ekraf yang produknya akan ditampilkan di Kota Tua sebagai pusat penjualan cinderamata selama berlangsungnya acara akbar yang diselenggarakan pada 18 Agustus-2 September tersebut.

Selain itu, Anggota Fraksi partai Gerindra DPR RI  memaparkan, Asian Games berpotensi mendatangkan wisatawan mancanegara hingga 170.000 orang, terdiri dari 10.000 atlet, 5.000 official, 5.000 media, dan 150.000 penonton.

Dia menilai, jumlah wisman penonton akan sangat tergantung pada negara yang berpeluang masuk final dalam sektor olahraga favorit seperti sepakbola. Dia menggambarkan, bila negara yang selama ini menjadi pasar terbesar pariwisata nasional seperti China, Malaysia, Singapura bertanding di laga final, maka jumlah wisman dapat bertambah.

Dengan perkiraan jumlah wisman sebesar itu, dia menyebut Asian Games berpotensi mendatangkan devisa yang besar dalam mengerakan ekonomi  bangsa, tandasnya. (*)

News Feed